Iklan Header

Macam-Macam Kegiatan Ospek Mahasiswa Baru

Kegiatan ospek mahasiswa baru ada bermacam-macam. Diantaranya kegiatan yang berhubungan dengan universitas, fakultas, jurusan, hingga program studi.

Kegiatan-kegiatan ini tujuannya tidak lain adalah untuk mengenalkan lingkungan kampus pada mahasiswa baru. Baik lingkungan akademik, maupun kehidupan sosial dan kegiatan minat bakat bagi mahasiswa baru.
Kegiatan ospek mahasiswa baru ada bermacam-macam. Diantaranya kegiatan yang berhubungan dengan universitas, fakultas, jurusan, hingga program studi.   Kegiatan-kegiatan ini tujuannya tidak lain adalah untuk mengenalkan lingkungan kampus pada mahasiswa baru. Baik lingkungan akademik, maupun kehidupan sosial dan kegiatan minat bakat bagi mahasiswa baru.

Ospek pada saat ini dikenal dengan sebutan Program Pengenalan Kehidupan Kampus  bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang diikuti oleh mahasiswa baru dan bersifat wajib. Mereka juga akan mendapatkan sertifikat/piagam PKKMB.

Mahasiswa baru yang belum mengikuti PKKMB karena sebuah halangan. Maka, bisa mengikutinya di tahun berikutnya. PKKMB ini wajib dan sertifikatnya akan digunakan sebagai salah satu syarat mendaftar wisuda ketika lulus.

Kegiatan yang ada dalam PKKMB kebanyakan adalah mendengarkan materi dan pengenalan civitas akademika yang ada di kampus tempat belajar beberapa tahun ke depan. Selain itu, ada pula kegiatan-kegiatan tambahan bergantung pada fakultas dan jurusan masing-masing.

Berikut ini adalah macam-macam kegiatan ospek alias PKKMB mahasiswa baru yang biasanya dilaksanakan setiap tahun.

1. Pembuatan formasi/papermob (tidak semua universitas mengadakan)

Kegiatan pertama dalam rangkaian PKKMB adalah pembuatan formasi papermob. Formasi ini tidak dibuat oleh semua universitas. Hanya universitas tertentu saja yang membuatnya bersama dengan panitia yang bertanggung jawab.

Biasanya inilah kegiatan yang ditunggu para mahasiswa baru untuk foto-foto eksis di media sosial. Sambil memegang kertas dan memakai jaket almamater. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa bahagianya mereka bisa diterima di kampus impian.

Papermob bukan hanya ajang berbahagia untuk para maba, tetapi juga bisa menjadi penyampai pesan melalui gambar yang tampak dalam formasi yang dibuat. Beberapa universitas sudah melakukan hal ini. Misalnya dengan membuat formasi gambar para pahlawan.

2. Pemberian materi untuk mahasiswa baru

Setelah melalui kegiatan pembuatan formasi papermob, selanjutnya mahasiswa baru akan mendengarkan materi yang disiapkan. Materi tersebut antara lain tentang materi-materi dasar bela negara, bahaya narkoba, radikalisme, serta materi lain sesuai ketentuan pihak universitas.

Pemberian materi-materi tersebut tidak lain bertujuan untuk membentuk dan memberi edukasi mahasiswa baru sejak awal masuk kampus. Sebab, di kampus mereka akan menemui berbagai ilmu baru yang bisa baik dan bisa juga buruk dampaknya bagi mereka.

3. Pengenalan pimpinan universitas, fakultas, jurusan, dan prodi

Kegiatan PKKMB selanjutnya adalah pengenalan pimpinan universitas, fakultas, jurusan, dan prodi. Biasanya pengenalan pimpinan universitas diadakan pada saat masih ospek tingkat universitas. Sedangkan pengenalan pimpinan fakultas, jurusan, dan prodi dilakukan di fakultas masing-masing secara terpisah.

Tujuan pengenalan para pimpinan ini adalah agar mahasiswa baru paham bagaimana birokrasi yang ada di kampus. Tentunya berbeda dengan apa yang ada di sekolah. Di sekolah biasanya  hanya ada kepala sekolah dan jajarannya.
Selain agar mahasiswa baru paham, tujuan lain pengenalan pimpinan ini adalah agar ketika mereka akan mengurus sesuatu yang berhubungan dengan birokrasi, mereka sudah mengetahui orang mana yang dicari. Tentunya akan lebih mudah.

4. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Lembaga Mahasiswa Universitas dan Fakultas, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Keempat ada kegiatan pengenalan UKM dan organisasi lain yang ada di kampus. UKM ini biasanya akan menampilkan profil dan aktivitas di dalam UKM tersebut pada mahasiswa baru. Tujuannya adalah agar mahasiswa baru bisa memilih bakat mana yang ingin mereka kembangkan.

Selain itu, UKM juga bisa menjadi organisasi untuk menambah saudara dan teman bagi mahasiswa baru. Selanjutnya ada lembaga mahasiswa dan himpunan mahasiswa jurusan. Lembaga ini juga diperkenalkan pada mahasiswa baru pada kegiatan PKKMB.

Lalu, perkenalan himpunan mahasiswa jurusan biasanya dilakukan saat PKKMB tingkat fakultas. Mahasiswa baru bisa aktif di himpunan tersebut agar lebih akrab dengan sesama teman dan kakak tingkat sejurusan.

5. Kegiatan lain di fakultas dan jurusan oleh kakak tingkat

Terakhir, ada kegiatan-kegiatan lain yang mungkin akan diikuti oleh mahasiswa. Contohnya adalah pembuatan formasi papermob tingkat fakultas. Namun, tidak semua fakultas mengadakannya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajarkan kekompakkan pada satu angkatan mahasiswa baru. Selain kegiatan pembuatan papermob, ada pula kegiatan lain.

Misalnya kumpul rutin setiap minggu dengan kakak tingkat dan dosen-dosen sejurusan. Kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan mengenal lebih dekat keluarga baru di kampus.

Kegiatan-kegiatan seperti ini biasanya tidak masuk dalam susunan acara PKKMB. Tetapi, mahasiswa baru tetap wajib untuk mengikutnya.

Itulah macam-macam kegiatan ospek alias PKKMB mahasiswa baru. Semua kegiatan itu tentunya bertujuan baik bagi mahasiswa baru. Oleh karena itu, jangan malas untuk mengikutinya ya. Sebab, suatu hari akan menjadi kenangan mahasiswa baru yang tidak terlupakan.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Kegiatan Ospek Mahasiswa Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel