Iklan Header

4 Jenis Lomba Mahasiswa Demi Prestasi

Beragam jenis lomba bisa diikuti oleh mahasiswa. Mulai dari lomba di bidang akademik maupun non akademik. Mahasiswa di semua tingkatan semester bisa berpartisipasi dalam lomba-lomba ini. Tentunya sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Mengembangkan dan melatih kemampuan diri melalui banyak ikut lomba bisa menjadi pilihan. Mahasiswa bisa mengetahui kemampuannya sudah layak dilombakan dan bersaing dengan para peserta lainnya.
4 Jenis Lomba Mahasiswa Demi Prestasi

Mahasiswa bisa mengikuti berbagai macam perlombaan yang ada di kampus. Lomba di berbagai tingkatan sering diadakan oleh para organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Lembaga-lembaga rutin non pendidikan juga sering mengadakan perlombaan.

Mahasiswa yang mengikuti perlombaan tersebut akan mendapatkan sertifikat. Meskipun belum menjadi pemenang, namun bisa menambah pengalaman berkompetisi sesama mahasiswa. Terlebih, bisa terus menjadi motivasi mengembangkan diri.

Maka, berikut adalah jenis-jenis lomba yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Mahasiswa baru bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk ikut berkompetisi tingkat mahasiswa.

1. Lomba kepenulisan

Lomba pertama yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah lomba bidang kepenulisan. Diantaranya ada lomba menulis esai, cerpen, puisi, hingga novel. Lalu, ada juga lomba menulis naskah cerita, naskah film, hingga komik.

Lomba bidang kepenulisan ini bukan hanya bisa diikuti oleh mahasiswa dengan jurusan bahasa dan sastra, tetapi juga mahasiswa umum yang memiliki hobi menulis. Kamu bisa mengasah dan berpartisipasi di bidang lomba satu ini.

2. Lomba minat bakat

Kedua, ada lomba minat bakat. Lomba ini biasanya diikuti oleh mereka yang memiliki bakat tertentu. Diantaranya bakat bidang seni seperti melukis, bernyanyi, menggambar, dan menari.

Mahasiswa bisa mengikuti perlombaan yang digelar untuk ikut berkompetisi dan menunjukkan eksistensinya. Biasanya yang mengadakan perlombaan ini adalah organisasi internal kampus. Atau, pihak lain yang bergerak di bidang minat dan bakat.

Seringnya mengikuti perlombaan minat dan bakat ini akan mengasah kemampuanmu secara terus menerus. Sebab, kamu akan berlatih rutin sebelum mengikuti perlombaan. Hal ini tidak menutup kemungkinan di masa depan kamu bisa menjadi seorang yang professional sesuai bakatmu.


3. Lomba Olahraga

Selanjutnya ada lomba di bidang olahraga seperti bermain sepakbola, bulutangkis, basket, dan sebagainya. Berikutnya ada pula di bidang bela diri seperti taekwondo, karate, tapak suci, dan pencak silat.

Mahasiswa yang mengikuti perlombaan minat bakat ini biasanya adalah mereka yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) minat bakat di kampus. Sebab, perlombaan biasanya membawa kontingen dan berkelompok.

4. Lomba wirausaha

Terakhir, ada lomba untuk kamu yang berjiwa wirausaha. Lomba ini biasanya ditawarkan oleh lembaga-lembaga atau pemberi dana bantuan kepada mahasiswa yang berniat membuka usaha. Atau, usaha yang sedang dibuka dan ingin dikembangkan oleh mahasiswa.

Lomba yang diadakan biasanya berupas seleksi proposal kewirausahaan. Berikutnya yang lolos seleksi akan masuk ke tahap pendanaan, evaluasi dan monitoring, hingga ke tahap akhir hasil perlombaan tersebut.

Mahasiswa yang mengikuti perlombaan jenis ini bisa memanfaatkan pendanaan yang didapat untuk mulai berwirausaha sejak masih kuliah. Selain itu, bisa juga melatih diri untuk melihat peluang usaha dan bagaimana strategi berwirausaha dari para mentor.

Itulah 4 jenis lomba yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Selain bisa melatih dan mengembangkan diri, mengikuti banyak perlombaan bisa menambah pengetahuan juga bagi mahasiswa baru. Selain itu, perlombaan yang diadakan secara langsung dengan mengumpulkan banyak peserta juga akan menambah teman dan relasi yang baik bagi mahasiswa.

Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Lomba Mahasiswa Demi Prestasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel