Iklan Header

Cara Buat Desain Sertifikat Pakai Microsoft Publisher

Mendesain sertifikat menggunakan Microsoft Publisher bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Sebab, sudah tersedia berbagai template, tinggal diedit sesuka hati.

Microsoft Publisher merupakan software yang bisa digunakan untuk kebutuhan di bidang publikasi alias periklanan. Diantaranya untuk membuat iklan berupa brosur, pamphlet, dan banner misalnya.
Cara Buat Desain Sertifikat Pakai Microsoft Publisher
Selain periklanan, Microsoft Publisher juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Misalnya membuat desain sertifikat.

Desain sertifikat biasanya dibutuhkan ketika mengadakan kegiatan atau acara. Lalu, digunakan juga dalam sebuah perlombaan dan kejuaraan. Sertifikat berfungsi sebagai bukti keikutsertaan dan pencapaian yang diperoleh peserta.

Sertifikat dibuat dengan desain yang berisi ciri khas suatu organisasi atau penyelenggara acara. Biasanya berisi nama kegiatan, nama penyelenggara. Lalu, nama peserta, waktu kegiatan, dan hal hal lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Membuat desain sertifikat menggunakan Microsoft Publisher bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

1. Buka Microsoft Publisher

Langkah pertama, buka Microsoft Publisher yang ada di laptop/Pc. Bila icon tidak ada, maka bisa mencari pada All program > Microsoft Office > Microsoft Publisher.

Semua versi dari Microsoft Publisher bisa digunakan untuk membuat desain seritifikat. Tentunya, gunakan versi yang sudah aktif lisensinya agar semua fitur bisa digunakan.


2. Pilih template Award Certificates

Berikutnya, pilih template yang akan diedit menjadi desain sertifikat. Caranya pada jenis template, pililh jenis desain. Misalnya jenis Classic design > Celtic knotwork sebagai gambar berikut.

3. Mengubah template sesuai keinginan

Ketiga, mulailah mengedit desain template yang sudah dipilih. Dimulai dari menambahkan informasi yang diperlukan. Seperti halnya nama kegiatan, penyelenggara, waktu berlangsungnya kegiatan dan sebagainya.

Jangan lupa juga menyesuaikan warna dan font tulisan pada desain sertifikat. Lalu, dapat ditambahkan logo perusahaan/organiasasi yang ingin dicantumkan. Untuk menambahkan tandatangan, biasanya ada yang berupa tanda tangan asli dan ada pula yang digital.

4. Simpan dengan format Pub/PNG/JPG

Terakhir, simpan dengan format Pub (Publisher) untuk menyimpan project agar bisa diedit ulang. Serta, menyimpan dengan format JPG/PNG agar bisa langsung dicetak.

Selain itu, format JPG/PNG juga bisa diubah menjadi PDF. Sertifikat dalam bentuk PDF biasanya diberikan jika kegiatan bersifat daring, misalnya Webinar atau Lomba via daring.

Itulah cara membuat desain sertifikat menggunakan Microsoft Publisher. Sertifikat yang sudah selesai diedit bisa langsung dicetak di kertas khusus untuk mencetak sertifikat. Biasanya kertas lebih tebal dari HVS.

Belum ada Komentar untuk "Cara Buat Desain Sertifikat Pakai Microsoft Publisher"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel