Iklan Header

Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Google Chorome

Kegunaan printscreen yang telah disediakan di chorome masih banyak yang belum mengetahuinya. Printscreen ini adalah seperti screenshoot layar chorome yang akan langsung dicetak atau mau disimpan dulu dalam bentuk dokumen PDF yang telah disediakan fiturnya oleh google chorome.

Ada kelebihan menggunakan printscreen ini saat screenshoot di google chorome ada sumber URLnya di bawahnya. Serta cara ini bermanfaat bila halaman kedua sebuah dokumen hanya memuat sedikit tulisan. Maka bisa dikurangi scale nya agar naik ke halaman satu.
Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Chorome

Printscreen biasanya dipakai untuk keperluan seperti menunjukkan bukti suatu hal. Misalnya bukti pendaftaran sekolah, bukti upload jurnal penelitian, dan sebagainya.

Cara printscreen lewat browser google chrome sangat mudah. Tinggal klik Ctrl+P atau klik icon titik tiga di pojok kanan atas di bawah tanda close. Lalu akan muncul tampilan untuk mencetak atau menyimpan dokumen.

Hasil dokumen printsreen bisa jadi banyak lembar sesuai halaman pada browser. Bila ingin meringkas atau mengurangi halamannya menjadi satu halaman maka ada cara-cara berikut.

1. Buka halaman web

Langkah pertama, buka halaman web yang ingin diprintscreen. Buka dan biarkan saja sampai halaman loading beserta gambar (bila terdapat gambar).

2. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas atau tekan Ctrl+P

Selanjutnya klik icon titik tiga di pojok kanan, lalu pilih Print. Cara cepatnya tinggal tekan Ctrl+P di keyboard.

3. Muncul kotak dialog simpan atau cetak dokumen

Setelah mengeklik Ctrl+P, maka akan muncul kotak dialog untuk menyimpan dokumen dalam format PDF.  Selain itu ada pilihan untuk langsung mencetaknya bila laptop/PC terhubung dengan printer.

Kotak dialog ini akan menampilkan beberapa informasi. Diantaranya jumlah halaman, layout, papersize, scale, margin, dll.

4. Pada pengaturan Scale, pilih Custom

Supaya hasil printscreen menjadi satu halaman saja, maka pilih pengaturan Scale. Bila ada banyak halaman, maka mengurangi scale bisa mengurangi jumlah halaman.

Pada pengaturan Scale, pilih Custom. Scale custom default adalah 100 seperti gambar berikut. Awalnya ada sebanyak 7 halaman.

Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Chorome

5. Kurangi angka pada Scale

Pengaturan Scale Custom ubahlah menjadi dibawah 100 misalnya 83 untuk mengurangi  halaman. Setelah dikurangi angkanya menjadi 83, maka jumlah halaman berubah yang awalnya 7 menjadi 5 halaman saja.
Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Chorome


Berikut ini contoh apabila scale dikecilkan lagi lebih dari setengah ukuran semula yaitu 100. Ketika diubah menjadi 28, maka risikonya ukuran tulisan juga akan mengecil.

Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Chorome

6. Klik Save untuk menyimpan

Terakhir, simpan dokumen yang sudah dikurangi Scalenya hingga menjadi satu halaman. Ingat ya, hasil dokumen ini dalam format PDF. Dokumen ini dapat langsung dicetak dengan klik Print. Namun jangan lupa simpan dalam bentuk file juga agar dapat dicetak sewaktu-waktu.

Itulah cara menggunakan printscreen menjadi satu halaman. Apabila ada banyak halaman, maka dapat mengurangi jumlah halaman tersebut. Bisa lebih praktis dan irit kertas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Printscreen Jadi Satu Halaman di Google Chorome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel