Iklan Header

Cara Unggah Skripsi di Perpustakaan Unila Secara Daring

Skripsi atau karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa diunggah di Perpustakaan Universitas Lampung (Unila). Hal ini dilakukan sebagai syarat kelulusan mahasiswa dan syarat pendaftaran wisuda.

Mengunggah karya ilmiah dalam bentuk skripsi dilakukan agar skripsi terdapat di perpustakaan digital milik Unila. Tujuannya supaya penelitian dapat terpublikasi secara luas di internet. Lalu, penelitian dalam skripsi juga dapat bermanfaat bagi peneliti lain dengan topik yang relevan.
Cara Unggah Skripsi di Perpustakaan Unila Secara Daring

Perpustakaan digital milik Unila dapat diakses oleh semua orang. Baik mahasiswa Unila atau mahasiswa dari universitas lain di manapun berada.

Baca juga: Cara Unggah Skripsi di Perpustakaan Unila Secara Daring

Mahasiswa yang ingin mengunggah karya ilmiah skripsinya dapat mengikuti prosedur yang ada secara daring atau online. Berikut adalah cara unggah skripsi di Perpustakaan Unila secara daring. Perhatikan langkahnya baik-baik ya.

1. Mengisi formulir permohonan

Mahasiswa yang ingin mengunggah harus mengisi formulir permohonan agar mendapat akun digilib (digital library). Akun ini selanjutnya yang akan digunakan untuk mengakses alamat resmi Perpustakaan digital Unila.

Baca juga: Cara Bayar UKT Mahasiswa Baru Unila 2020, Syarat dan Biaya

Persyaratan untuk memperoleh akun digilib ini diantaranya harus melampirkan file foto Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (SKBP) dan surat keterangan layak upload karya ilmiah yang didapatkan dari jurusan dan telah ditandatangani ketua jurusan.

Kedua file tersebut dilampirkan pada form melalui link https://bit.ly/Akun_Digilib. Selain melampirkan file tersebut, mahasiswa harus mengisi beberapa informasi lain. Diantaranya alamat email aktif, nama lengkap, NPM, jenjang pendidikan, asal fakultas, jurusan dan program studi.

Berikutnya, mengisi kolom nomor telepon dan judul karya ilmiah (skripsi). Lalu, klik Submit.

Baca juga: Cara Urus Bayar UKT Telat Bagi Mahasiswa

2. Petugas memberikan login akun digilib

Setelah mahasiswa yang mengisi formulis permohonan diperiksa dan diverifikasi oleh petugas. Maka, yang sudah memenuhi syarat akan mendapatkan login akun digilib melalui email atau Whatsapp dari petugas UPT Perpustakaan Unila.

3. Mengunggah skripsi dan konfirmasi

Langkah ketiga, mahasiswa login ke akun digilib masing-masing. Lalu, mengunggah skripsi sesuai panduan pengunggahan dari digilib. Bila sudah selesai, mahasiswa melakukan konfirmasi ke petugas melalui Whatsapp atau email.

4. Petugas melakukan verifikasi dan konfirmasi 

Skripsi yang telah diunggah akan diperiksa oleh petugas perpustakaan. Bila ada yang kurang tepat dan revisi, maka akan diinformasikan pada mahasiswa.

5. Petugas mengirimkan bukti unggah skripsi

Mahasiswa yang skripsinya sudah diverifikasi dan tidak ada perbaikan lagi akan mendapatkan bukti unggahan skripsi. Bukti tersebut akan dikirimkan melalui email resmi perpustakaan Unila dalam bentuk file format pdf. Mahasiswa dapat mencetaknya sesuai keperluan mereka.

Itu tadi cara unggah skripsi di Perpustakaan Unila secara daring. Cara ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan bukti unggah/sebar skripsi. Selain itu, agar skripsi atau karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa dapat terpublikasi di internet secara luas. Supaya dapat memberikan inspirasi ke mahasiswa lain yang ingin melakukan penelitian dengan topik serupa.(Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "Cara Unggah Skripsi di Perpustakaan Unila Secara Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel