Tips Cara Buat Halaman About dan Contact Us untuk Blog

Identitas sebuah blog atau website itu ada di halaman about dan form Contact Us. Supaya blog atau website terlihat profesional, bertanggungjawab, gambaran tentang isi kontennya. Wajib punya dua hal itu, cara buat halaman about dan contact us untuk blog atau website sangatlah mudah.

Jangan disepelekan itu hal paling pertama dibuat saat memulai. Artikel ini ditulis langkah-langkah cara memasangnya di tema htmlnya supaya tampil.
Tips Cara Buat Halaman About dan Contact Us untuk Blog

A. Cara Buat dan Memasang Halaman About 

Fungsi about di blog;  pembaca tau gambaran isi konten blog, identitas penulisnya, syarat keterima google adsense, terliat profesional, dan lainnya. Begini cara buat halaman aboutnya.

1. Buka Dashboard Blogger
2. Buka Halaman Blogger
3. Pilih Halaman Baru 
4. Tulis Judulnya "About" bisa juga bahasa Indonesia "Tentang Kami"
5. Lalu, Tuliskan Tentang Blog
6. Isi Paragraf 1 dan 2 Copy Paste ke Deskripsi Penulusuran 
letak deskripsi penulusuran di sebelah kanan di bawah fitur "simpan"

7. Terakhir, Publikasikan 
Tips Cara Buat Halaman About dan Contact Us untuk Blog

Setelah membuat halaman about  sekarang ditampilkan di menunya. Supaya tampil di blog atau website. Cara pasangnya sebagai berikut:

1. Buka atau tampilkan halaman about


Arahkan kursor mouse ke bawah tulisan about yang sudah jadi. Nanti akan ada tulisan edit, tampilkan, dan hapus pilih yang tampilkan.

2. Salin URL Linknya

3. Buka Tema Pilih  Edit HTML


Semua kode-kode html itu tidak usah dibaca bikin pusing. Lakuin ini, setelah terbuka silahkan ctrl+F di bagian yang penuh html itu. Nanti akan keluar pencarian. Lalu tuliskan "About" dan enter.

Sampai ketemu lihat di gambar bawah supaya jelas. Setelah ketemu silahkan masukan url link yang sudah dicopas tadi di bagian dalam tanda petik.

4. Pilih Simpan Tema


B. Cara Buat dan Memasang Halaman Form Contact Us 

Setelah membahas buat halaman about dan cara pasangnya. Selanjutnya buat halaman kontak.

Ada dua versi biasanya ada deskripsi contact us yang berupa tulisan aja. Biasanya isinya berupa alamat, nomer handphone, email, dan lainnya. Supaya mudah bila ada yang menghubungi pemilik blog terkait kerjasama atau kritik saran dari pembaca.

Cara-caranya pun hampir sama seperti buat halaman about di atas. Tidak ada yang beda tinggal ikuti saja lagi langkah-langkahnya. Cuman isinya saja yang berbeda.

Namun ada juga berupa bentuk form. Begini contohnya untuk tema viomags milik mas sugeng:
Biasanya yang ingin menghubungi anda harus menulis nama, email pengirim, dan isi pesannya. Nanti akan langsung masuk digmail pemilik blog yang terkait dengan blog itu untuk tema viomags milik mas sugeng.

Langkah-langkah cara buat form contact us :
1. Buka Halaman
2. Buat Halaman Baru 
3. Masukan judul bisa berupa bahasa Inggris Contact Us atau bahasa Indonesia Kontak Saya, Hubungi Saya, dll.

4. Ubah compose pilih jadi html

5. Salin html di bawah ini ke blog kalian.
<div class="contact-form-widget"> <form name="contact-form"> <span class="ctitles">Nama :</span> <input class="contact-form-name" id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" type="text" value="" /> <span class="ctitles">Alamat Email <span class="swajib">*</span> :</span> <input class="contact-form-email" id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" type="text" value="" /> <span class="ctitles">Isi Pesan <span class="swajib">*</span> :</span> <textarea class="contact-form-email-message" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="10"></textarea> <input class="contact-form-button contact-form-button-submit" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Kirim" /> <br /> <div class="contact-form-error-message" id="ContactForm1_contact-form-error-message"> </div> <div class="contact-form-success-message" id="ContactForm1_contact-form-success-message"> </div> </form> </div> <script src="https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js" type="text/javascript"></script> 
6. Publikasikan

Begitu cara buat halaman form contact us untuk tema viomags milik mas sugeng. Sangatlah mudah.

Terakhir, bila sudah dipublikasikan. Cara memasangnya supaya tampil juga sama seperti halaman about.

Buka tema, edit html, dan cari kata kunci "contact us". Copy link url ke dalam edit html. Lalu, simpan tema.

Bila bingung silahkan komentar nanti akan dibantu. Itulah tips cara buat halaman about dan contact us untuk blog. Serta cara memasangnya di tema.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel