Iklan Header

4 Bahan Penghilang Bau Getah Karet di Tangan

Getah karet memiliki bau yang khas dan susah dihilangkan. Terlebih, bila bau tersebut sudah menempel di tangan. Maka, akan sulit membersihkannya. Walaupun sudah menggunakan sabun atau pewangi.

Biasanya para petani karet di ladang sudah biasa dengan bau yang khas ini. Namun, ada pula petani atau anak muda yang kurang suka dengan bau yang pekat ini. Misalnya setelah dari ladang, mereka akan pergi ke sebiah acara, maka bau inipun tentu akan mengganggu dan harus dihilangkan.
4 Bahan Penghilang Bau Getah Karet di Tangan
Supaya bau tersebut dapat hilang, maka ada beberapa bahan yang dapat dipakai. Bahan ini mudah didapatkan di sekitar ladang atau rumah warga desa.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Lampung Hari Ini, BMKG

Berikut adalah tiga bahan yang dapat membantu menghilangkan bau khas getah karet beserta cara menggunakannya.

1. Daun karet muda

Bahan pertama yaitu daun karet yang masih muda. Cara menggunakannya yaitu dengan mengusapkan di tangan yang bau. Cara mendapatkan pun mudah karena yang memang di sekitar tempat pengambilan getah karet itu.

Usapkan selama kurang lebih satu menit sambil diremas-remas. Kemudian bilas dengan air.

2. Daun Sirih

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, daun sirih memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk bahan antiseptik.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Lampung Esok Hari, BMKG

Nah, daun sirih juga dapat membantu menghilangkan bau getah karet yang menempel di tangan. Caranya dengan mengambil beberapa helai daun sirih. Lalu, meremas daun tersebut di tangan yang bau selama kurang lebih 3 menit. Berikutnya, bilas dengan air hingga bersih.

3. Daun Kemangi

Penggunaan daun kemangi juga sama seperti dua daun sebelumnya. Daun ini dapat menghilangkan bau amis ketika selesai membersihkan ikan. Selain itu, dapat pula membantu menghilangkan bau getah karet yang pekat di tangan para petani karet.

Caranya dengan memetik daun kemangi secukupnya. Usap-usapkan di tangan sambil diremas agar menguapkan bau getah karet. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Bubuk kopi

Bubuk kopi selain menjadi bahan minuman yang memiliki banyak penggemar, juga memiliki fungsi lainnya. Masyarakat zaman dulu biasa menggunakan bubuk kopi untuk pertolongan pertama ketika kulit terkena tumpahan air panas. Lalu, kalangan remaja menjadikannya sebagai masker wajah atau badan.

Nah, bubuk kopi juga dapat menjadi bahan menghilangkan bau getah karet di tangan. Caranya dengan mengambil bubuk kopi secukupnya (1-2 sendok makan). Taruh di tangan dan usap-usapkan pada bagian yang bau selama 3 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Memang kalau tidak dihilangkan bau getah karet yang menempel di tangan ini merasa buat tidak nyaman untuk diri sendiri. Bahkan, orang-orang yang sekitar karena tercium bau getah karet. Biasanya menghilangkan bau getah karet di tangan ini setelah selesai melakukan deres karet.

Itulah 4 bahan yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau getah karet di tangan. Cara menggunakannya mudah dan bahannya dapat didapatkan di rumah dan lingkungan sekitar. Selamat mencoba dan tetap semangat bertani karet.(Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "4 Bahan Penghilang Bau Getah Karet di Tangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel