5 Profil Sastrawan Nasional dari Lampung

Tokoh-tokoh sastrawan nasional yang ada di Lampung memanglah cukup banyak. Mereka terkenal dengan karya-karyanya yang elok berbentuk puisi, cerpen, dan lainnya.

Namun, sekarang hanya membahas 5 profil singkat tokoh sastrawan nasional di Lampung. Mereka adalah sebuah anugrah yang terlahir di Provinsi Lampung.
5 Profil Sastrawan Nasional di Lampung

1. Profil Sastrawan Ahmad Yulden Erwin

Nama lengkapnya Ahmad Yulden Erwin (AYE) kerap disapa PakCik. Ia lahir di Tanjungkarang 15 Juli 1972.  Karya-karyanya berbentuk puisi, prosa, dan lainnya.

PakCik lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Ia kerap kali dapat penghargaan dari berbagai kalangan karena karya dan dedikasinya di dunia sastra.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Lampung Esok Hari, BMKG

2. Profil singkat Zuklaranin Karzi (Udo Z Karzi)

Udo Karzi sapaannya terlahir asli dari Liwa, Lampung Barat 12 Juni 2970. Ia lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Lampung. Lalu, aktif di Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Unila.

Selain banyak karya sastra. Udo Z Karzi melakukan kerja-kerja jurnalistik. Serta, melakukan penelitian budaya.

3. Profil singkat Iswadi Pratama 

Iswadi Pratama lahir Lampung, 8 April 1971.  Dia juga lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Lampung.

Bang Iswadi dulunya di bagian kolom budaya di koran harian Lampung Post. Lalu, punya karya puisi, prosa, penulis naslah teater, dan lainnya.

Kini total ia mengurus group Teater 1. Di situ sangatlah luar biasa hasl naskahnya di tampilkan dengan aktor-aktor yang keren juga.

4. Profil Singkat Isbedy Setiawan ZS

Isbedy lahir di Tanjungkarang, 5 Juni
1958. Ia dijuluki Paus Sastra Lampung.

Bang Isbedy mengurus Dewan Kesenian Lampung (DKL). Ia masih aktif menulis karya sastra puisi, cerpen, dan esai sastra.

5. Profil singkat Ari Pahala Hutabarat

Ari Pahala Hutabarat lahir di Palembang, 24 Agustus 1975. Ia disapa Bang Ari dan lulusan dari P.Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Lampung.

Dari SMA memang sudah suka menulis puisi. Lalu, dilanjutkan di UKMBS bidang teater.

Di situlah terasah minat dan bakatnya. Selain masih nulis puisi, cerpen, dan karya sastra lainnya.

Ia juga sering mementaskan naskah-naskahnya di Komunitas Berkat Yakin (Kober).

Itulah profil para tokoh Sastrawan di Lampung. Perlu turut apresiasi setinggi-tingginya karena aset kebanggan Lampung. (Penulis: Alfanny Pratama )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel