Iklan Header

5 Hal Sebelum Nyesal Jalin Hubungan Asmara di Medsos

Hubungan asmara yang dijalin di dunia maya atau media social (Medsos) sudah banyak dilakukan masyarakat. Fenomena ini muncul akibat dari maraknya media sosial yang menjadi wadah berinteraksi.

Kini masyarakat dapat mencari teman dan berinteraksi secara bebas di internet melalui media sosial. Diantaranya ada media sosial favorit seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Setiap orang yang memiliki smartphone, pasti memiliki akun dari masing-masing media sosial di atas.
5 Hal Sebelum Nyesal Jalin Hubungan Asmara di  Medsos

Baca juga: 5 Lagu Cocok Didengar Saat Sedang Jatuh Cinta

Oleh karena interaksi yang marak di dunia maya itu, tak sedikit pengguna yang menemukan cintanya hingga memutuskan untuk menjalin hubungan asmara.Teman-teman di dunia maya berasal dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Kemudahan akses internet dan media sosial membuat batas dan jarak tersebut melebur dan tidak ada lagi penghalang untuk berinteraksi. Terlebih, bagi mereka yang lebih nyaman dan aman bila berinteraksi secara daring.

Baca juga: 3 Cara Jadul Ekspresikan Kangen Saat LDR

Kenyamanan itulah yang menjadi penyebab banyaknya hubungan asmara di dunia maya. Hubungan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan seperti halnya hubungan secara langsung di dunia nyata.

Supaya hubungan yang dijalin di dunia maya menjadi sebuah hubungan yang layak alias tidak sia-sia. Maka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalin hubungan  serius di dunia maya sebagai berikut.

Baca juga: Hari Valentine, 4 Cara Ungkapkan Sayangmu ke Orangtua yang Terpisah Jarak

1. Memastikan identitas pasangan asli

Hal pertama pastikan identitas pasanganmu yang ada di media sosial itu asli. Misalnya media sosial seperti Facebook, di profil akun sudah jelas ada beragam informasi yang bisa menjelaskan identitas.

Setelah mengenal dan dekat cukup lama, tentu akan saling mengetahui diri pasangan. Hal ini juga perlahan akan menunjukkan identitas dan karakter aslinya.

Namun tetap hati-hati dengan akun yang sengaja memalsukan identitas. Itulah sebabnya perlu mengetahui identitas aslinya bila perlu bertanya secara langsung.

2. Media sosial tempat bertemu

Kedua, perhatikan media sosial tempat kalian bertemu. Misalnya bertemu di Instagram, maka dapat dilihat akun pengikut atau yang diikuti. Dari situlah akan terlihat apakah akun calon pasanganmu tersebut benar-benar ada orangnya atau hanya akun palsu.

Media sosial tempat bertemu pasangan ini cukup penting diperhatikan. Sebab, bila asal bertemu di media sosial yang tidak bisa dilacak atau dicari informasi yang lebih, maka akan berbahaya juga. Misalnya saja bertemu hanya melalui aplikasi kencan online. Maka harus diperhatikan asal media pasanganmu.

3. Mengenal lingkungannya di dunia nyata

Ketiga, kenali dunia nyata calon pasanganmu. Misalnya mengenali lingkungan kerjanya, lingkungan pertemanannya, hingga keluarganya. Bila ia memang benar adanya dan bukan akun palsu, tentu akan dengan senang hati menceritakan kehidupannya di luar dunia maya.

Cara lainnya yaitu dengan melihat teman-teman atau pengikutnya yang memang mengenal calon pasangan di dunia nyata. Kamu bisa mencari tahu informasi yang akurat dari mereka. Bahkan bila sudah akrab, bisa menjalin pertemanan juga dengan mereka.

4. Berkomunikasi melalui video

Keempat, lakukan komuniaksi audiovisual untuk memastikan apakah benar akun pasangan asli dan benar keberadaannya. Misalnya menggunakan fitur videocall di Whatsapp atau yang sedang populer saat ini aplikasi Zoom.

Berkomunikasi secara audiovisual ini akan terasa seperti komunikasi secara langsung. Sehingga antara kamu dan pasanganmu dapat mengetahui keberadaan dan melilhat fisik masing-masing.

5. Menyepakati waktu bertemu

Terakhir, meski hubungan dijalin di dunia maya, tentu harus disepakati juga waktu untuk bertatatap muka satu sama lain. Hal ini harus direncanakan agar menjadi target serta motivasi dalam sebuah hubungan. Sebab, interaksi secara langsung masih sangat diperlukan.

Sepakati dengan pasangan kapan dan bagaimana kalian akan bertemu di dunia nyata alias kopi darat. Bila berbeda daerah dan negara, maka perlu usaha untuk saling menabung atau mengalah satu sama lain.

Sekian 5 hal yang diperhatikan sebelum menjalin hubungan asmara di dunia maya. Hal-hal tersebut dapat mencegah penipuan melalui akun palsu di dunia maya. Hubungan asmara adalah hubungan yang melibatkan perasaan dan pikiran, sehingga ada baiknya perhatikan dahulu 5 hal di atas sebelum memilih menjalin hubungan di dunia maya. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "5 Hal Sebelum Nyesal Jalin Hubungan Asmara di Medsos"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel