Iklan Header

Pengertian, Cara dan Contoh Membuat Mind Mapping Simple

hanalfa.com: Cara membuat Mind Mapping di Simple. Pengertian Mind Mapping adalah sebuah pemikiran yang dikonsepkan dengan  dibuat di word, tulis tangan, hp, laptop, atau komputer. Contoh Mind Mapping Indonesia banyak di internet. 

Sebelum masuk cara membuat Mind Mapping yang simple. Terlebih dulu paham tentang pengertian Mind Mapping. Mind Mapping sendiri bisa diartikan sebagai peta pikiran. 

Pengertian, Cara dan Contoh Membuat Mind Mapping Simple

Secara umum Mind Mapping merupakan sebuah bagan yang bisa dikreasikan dengan simbol-simbol untuk memberikan sebuah konsep atas dasar suatu pengetahuan yang telah runtut dari bagian-bagian pendukung maupun urutan-urutan terendah hingga membentuk sebuah kesatuan. Mind Mapping adalah pola dalam hal merancang sebuah konsep yang tergambarkan dikepala agar terlihat lebih terstruktur dan jelas apabila seseorang sulit memahami rangkaian kata yang panjang-panjang melalui sebuah teori di paragraf-paragraf. 

Mind mapping bisa juga diartikan peta-peta, karena memang pada dasarnya bentuk dari mind mapping sendiri adalah pemetaan dari konsep-konsep yang ditambahkan dengan simbol-simbol. Banyak sekali bentuk-bentuk dari mind mapping itu sendiri.  

Informasi Mind mapping bisa dibentuk secara word atau digital ataupun secara manual menggunakan alat tulis. Kita bisa mengkreasikan bentuk dari mind mapping sesuai kehendak kita, yang jelas mind mapping adalah peta pikiran yang membuat kita akan paham dengan suatu konsep yang dipetakan sehingga mind mapping haruslah dibuat sejelas mungkin. 

Dalam membuat sebuah Mind Mapping kita perlu memperhatikan unsur-unsur yang membangun mind mapping agar mind mapping yang kita buat menjadi jelas dan mudah dipahami. Selain itu, bentuk dan pemilihan warna yang menarik tentunya akan membuat orang lain senang melihatnya. 

Pemikiran yang senang akan membawa presentasi kita menjadi lebih menarik dan terbuka. Adapun cara pembuatan Mind Mapping adalah sebagai berikut. 

1. Menyiapkan Alat Tulis 

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih alat tulis. Pastikan alat tulis yang anda siapkan merupakan alat tulis yang baik, hal ini berfungsi untuk membuat mind mapping terlihat jelas. 

Pastikan untuk membuat Mind Mapping dimulai dengan menggunakan pensil dan garis yang tidak terlalu tebal terlebih dahulu, agar ketika menghapus tidak terlalu meninggalkan bekas. Anda tentu tidak ingin rang lain justru fokus pada noda yang anda buat. Pilihlah kertas yang berbentuk melebar (landscape) agar menyisakan banyak ruang untuk diisi.

2. Memilih gagasan utama dan pemilihan letak

Langkah kedua adalah menuliskan topik utama atau gagasan utama yang akan anda buat. Pilihlah posisi central untuk menambahkan gagasan utama bisa berada dipaling tengah atau berada dipaling atas bergantung pola yang akan kambu buat. 

Pastikan untuk menambahkan simbol simbol agar terlihat lebih menarik, buatlah gagasan utamanya sebagai pusat perhatian utama.

3. Memasukkan gagasan penjelas  (turunan gagasan utama) 

Langkah ketiga adalah menghubungkan gagasan utama dengan turunan gagasan utama, berupa poin poin penting atau sub-sub. Hubungkan dengan garis atau anak panah dengan memperjelas kedudukannya. 

Jangan sampai salah meletakkan urutan karena akan mengacaukan konsep yang akan dibuat.

4. Menuliskan kata penghubung 

Penulisan kata hubung sangat penting terhadap kejelasan  Mind Mapping. Kata-kata hubung inilah yang nantinya akan menjelaskan urutan-urutan dari konsep yang telah disusun. 

Kata hubung bisa berupa kata tugas atau pokok cabang yang membuat anda bisa mengingat apa hal yang akan disampaikan (bisa memberikan penjelasan).

5. Menambahkan  warna dan gambar

Langkah terakhir merupakan pemberian hiasan, tapi pasyikan selain sebagai bentuk kreasi untuk memperindah Mind Mapping yang dibuat penggunaan gambar dan warna jangan sampai mengganggu topik yang akan disampaikan. Anda bisa menambahkan gambar maupun ilustrasi yang sama temanya dengan yang akan di sampaikan.

Ada beberapa contoh Mind Mapping yang sering kita jumpai seperti bentuk pohon, matahari atau mungkin spiral berbentuk bulat bulat dengan topik utama berada pada bagian tengahnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membuat mind mapping, salah satunya adalah waktu

Tentunya akan sangat membutuhkan waktu memahami konsep dalam sebuah bacaan apalagi untuk tulisan yang panjang, dengan membuat mind mapping maka waktu yang kita butuhkan menjadi lebih sedikit karena kita bisa mempelajari konsep tersebut melalui gamabaran-gambaran yang tersusun secara sistematis dan mengetahui poin poin utama yang penting. 

Mind mapping juga sangat berguna untuk melakukan sebuah presentasi, gambaran yang jelas serta memuat poin-poin penting tadi dapat memberikan kita penjelasan yang runtut sehingga tidak membingungkan orang yang menerima resentasi kita. Dan dengan memberikan tampilan tersebut kepada peserta seminar presentasi tentunya juga akan mengarahkan mereka untuk lebih paham dengan apa yang akan disampaikan.

Nah itualah cara membuat Mind Mapping simple cocok bagi pemula. Serta sudah paham pengertian dan contoh Mind Mapping. Tinggal praktiknya supaya mempermudah mengingat, mempelajarai, atau memahami sebuah sesuatu hal (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Cara dan Contoh Membuat Mind Mapping Simple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel