Iklan Header

Cara dan 6 Hal Penting dalam Buat CV Lamaran Kerja

hanalfa.com: Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik itu sangatlah mudah. Perlu 6 hal penting dalam buat CV lamaran kerja. Lalu ada juga hal yang tidak perlu dicantumkan dalam CV, sehingga masih banyak kesalahan dalam membuat CV. Bila ingin cari referensi contoh CV banyak di dunia internet google. Alhasil, CV yang menarik, simple, dan kreatif dapat diterima saat melamar pekerjaan.

Sebelum masuk cara membuat CV Lamaran kerja. CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae. CV merupakan sebuah dokumen yang biasa diminta oleh perusahaan atau instansi tempat anda akan melamar pekerjaan. Biasanya berisi data diri, yang menjelaskan selengkap lengkapnya tentang anda yang kiranya informasi tersebut dibutuhkan oleh perusahaan.

Cara dan 6 Hal Penting dalam Buat CV Lamaran Kerja

Isi dari CV biasanya berisi daftar riwayat hidup, termasuk di dalamnya jenjang sekolah yang pernah anda selesaikan serta prestasi apa yang pernah diraih. Tentunya tidak semua hal dalam hidup anda meskipun itu berkaitan dengan prestasi maupun data diri bisa dimasukkan kedalam CV. 

CV merupakan dokumen utama yang bisa dinilai sebelum anda masuk ke tahap selanjutnya yaitu interview. Sehingga, sebenarnya CV merupakan dokumen wajib yang perlu anda siapkan secara matang dan menarik agar anda bisa masuk ke tahap interview kerja. 

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Benar dan Baik

Kebanyakan orang salah dalam membuat CV lamaran kerja sehingga biasanya didalam tahap pemberkasan ini, memasukkan CV para pelamar kerja telah gagal dan tidak bisa sampai ke tahap selanjutnya. Adapun Cara membuat CV simple, menarik, dan kreatif agar tidak gagal dan menarik HRD untuk menerima CV anda adalah sebagai berikut.

1. Data Diri 

Data diri merupakan poin penting yang harus ada di dalam CV. Deskripsikan diri anda sebaik dan sejelas mungkin. Menambahkan Pandangan pribadi atau Moto hidup dibagian atas CV mu juga bisa menjadi poin agar HRD tertarik membaca CV yang kamu buat. 

Data diri bisa berupa nama lengkap, alamat tempat tinggal saat ini, nomor telpon, alamat email, biasanya ada juga perusahaan yang memerlukan akun media sosial yang aktif. Jadi pastikan informasi data pribadi yang dibutuhkan sudah menyesuaikan dengan perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan yang dicantumkan haruslah berisi pendidikan terakhir atau setidaknya pendidikan SMA dan pendidikan terakhir. Tidak penting untuk memasukkan pendidikan dari mulai Sekolah Dasar maupun Taman Kanak-kanak. 

Selain menghabiskan ruang hal ini sangat tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan. Anda bisa menggantinya dengan kursus atau pelatihan-pelatihan yang anda ikuti yang bersinggungan dengan bidang diperusaahaan yang anda daftarkan.

3. Riwayat Magang/ Pengalaman Kerja 

Biasanya kebanyakan perusahan membutuhkan pekerja yang sudah ahli dibidangnya, termasuk para pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja. Hal ini termasuk poin penting yang harus dimasukkan ke dalam CV. 

Baca juga: 5 Situs Web Pencarian Lowongan Pekerjaan Terpercaya

Namun apabila anda belum memiliki pengalaman kerja bisa juga memasukkan pengalaman magang, baik yang dilakukan dari sekolah maupun perorangan atau pribadi.

4. Pimpinan Organisasi/ Pengalaman Organisasi

Perusahaan juga akan mempertimbangkan pengalaman organisasi dari anda. Anda yang pernah memiliki organisasi tentunya tidak akan canggung bekerja di dalam tim. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengorganisir pekerjanya. 

Terlebih apabila kamu merupakan pimpinan organisasi, atau merupakan orang yang berpengaruh di dalam organisasi tersebut. Kamu bisa menambahkan sertifikat sebagai bukti di lampiran.

5. Pengalaman Sebagai Relawan/ Panitia Event

Pada intinya perusahaan sangat tertarik kepada anda yang angkit baik kegiatan linear yang sesuai bidang dan jurusan disekolah, maupun kegiatan yang menuntut untuk terjun kemasyarakat. Selain itu, menjadi anggota di kepanitian dalam event-event tertentu juga mendukung.

6. Membuat Essay, Karya Ilmiah, dan Publikasi

Membuat karya tulis juga merupakan poin lebih dari perusahaan untuk menerima kamu, karena tetunya tak banyak orang yang bisa memenagkan penghargaan dalam kegiatan-kegiatan tersebut. 

Selain beberapa hal di atas, ada hal lain yang juga perlu dimasukkan ke dalam CV dan termasuk poin penting, yaitu faktor pendukung yang general dengan posisi kamu akan melamar. Contohnya keterampilan menguasai Fotoshop tentunya akan menambah poin apabila kamu mendaftar di posisi design. 

Kemudian kamu juga perlu terlebih dahulu mengecek kebutuhan di perusahaanmu seperti menanyai seniormu yang pernah bekerja di perusahaan tersebut termasuk tips dan triknya. Kamu yang terlebih dahulu sudah memiliki modal besar berupa pengetahuan tentunya akan lebih mendapat cans untuk diterima permohonan kerjanya. 

Ada beberapa hal yang juga perlu kamu hindari ketika membuat CV, yaitu hindari membuat CV yang terlalu panjang seharusnya dokumen CV hanya berisikan dua halaman, kemudian memuat informasi yang tida perlu pastikan informasi yang tertulis adalah informas yang juga dibutuhkan perusahaanmu, dan terkahir jujur dengan data yang kamu buat.

Nah itulah tentang cara membuat CV Lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan, pemerintahaan, dan lainnya. Penjelasan juga sudah tentang 6 hal point penting dalam membuat CV supaya tidak gagal saat melamar pekerjaan di perusahaan. Serta menghindari hal yang tidak perlu dicantumkan dalam CV dan meminimkan kesalahan dalam membuat CV (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara dan 6 Hal Penting dalam Buat CV Lamaran Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel