5 Cara Cek Nomor KK dan NIK Secara Online

hanalfa.com: Ada 5 cara cek nomor Kartu keluarga (KK) dan nomor induk kependudukan (NIK) secara online. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah cek KK online Jakarta, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB, Jambi, Bengkulu, dan Riau. 

Setiap orang di Indonesia tentunya memiliki KK dan NIK. KK dan NIK dipakai sebagai identitas sebuah keluarga yang terdaftar di negara Indonesia. Maka perlu tau cara cek KK dan NIK secara online. Tentu nomor KK dan NIK berbeda dari nomor Surat Izin Mengemudi (SIM).
5 Cara Cek Nomor KK dan NIK Secara Online
KK juga sering digunakan untuk urusan melamar pekerjaan, dokumen yang satu ini selalu diminta sebagai syarat melamar pekerjaan. Selain itu fungsi KK dan NIK sendiri saat ini adalah untuk megaktifasi jaringan pada kartu-kartu provider internet di Indonesia. 

Salah satu syarat untuk aktivasi tersebut adalah nomor KK, sedangkan nomor KK tersebut jumlah angkanya tidak sedikit dan sulit untuk dihafal. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek nomor kartu keluarga tanpa menggunakan Kartu keluarganya. 

Berikut 5 cara cek nomor KK dan NIK secara online di Jakarta, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB, Jambi, Bengkulu, dan Riau.

1. Cek KK dan NIK menggunakan website dukcapil.kemendagri.go.id

Mencari NIK tentunya tidak sesulit mencari Kartu keluarga, NIK bisa kita lihat atau temukan  di KTP (Kartu Tanda Penduduk). 

KTP biasa kita bawa kemana-mana, jadi mencari No KK, dengan NIK adalah salah satu cara yang praktis untuk dilakukan. Kita bisa mengakses nomor KK melalui NIK dengan masuk ke website pemerintah. 

Caranya bukalah halaman atau situs pada browser anda dikolom pencarian google dukcapil.kemendagri.go.id tunggu beberapa saat hingga halaman terbuka, kemudian pada kolom pencarian tersebut masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang sudah disediakan. Seusai langkah itu lalu  pilih kolom cari. Kemudian nanti muncul data diri  yang juga menunjukkan NIK. 

Hal penting adalah bahwa data dirimu akan muncul apabila NIK sudah terdaftar pada database pemerintah. Jika  belum silahkan kunjungi kantor dinas kependudukan untuk membenahi data-datamu. 

2. Mengecek nomor KK dan NIK pakai nomor HP yang terdaftar dengan identitasmu

Cara yang kedua ini dapat dilakukan apabila identitasmu telah kamu daftarkan untuk aktivasi kartu jaringan yang tersedia dengan provider manapun dan telah terhubung dengan situs pemerintahan. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor HP.

Caranya adalah, dengan mengunjungi laman layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id kemudaian kamu akan tersambung dengan situs tersebut.  

Kemudian kamu akan diminta untuk login pada kolom yang tersedia masukkan nomor ponsel juga pasword dan enkripsi jika kamu bukan computer.  Namun apabila kamu belum terdaftar dengan akun kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik opsi buat akun kemudian mengisi formulir yang disediakan.

3. Mengecek nomor KK dan NIK menggunakan media sosial 

Cara yang satu ini terkesan lebih mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu memiliki akun media sosial dengan begitu kamu bisa melakukan proses ini. 

Caranya adalah dengan menanyakan melalui fitur message di twitter atau instagram dengan terlebih dahulu memfollow akun Halo Dukcapil (Facebook) dan @ccdukcapil (twitter) kamu bisa meminta melalui pesan atau inbox pusat pelayanan dukcapil yang ada di media sosial.

4. Mengecek nomor KK dan NIK melalui E-Mail

Selanjutnya melalui e-mail, kamu hanya perlu menuliskan permohonan untuk mengetahui nomor KK melalui pesan yang dikirimkan melalui email ke callcenter.dukcapil@gamail.com. Kamu bisa menuliskan permohonan pada pesanmu dengan ikut mencantumkan nomor KK beserta nama lengkap dan data lainnya. 

5. Mengecek nomor KK dan NIK melalui whatsapp

Whatsapp, siapa yang tidak memilikinya. Kebanyakan orang tentunya meiliki aplikasi yang satu ini, kemudahan dalam chat dan melakukan panggilan dan dapat digunakan dengan gratis membuat banyak orang menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Selain perihal chating whatsapp juga bisa digunakan untuk mengetahui Nomor KK, yaitu dengan mengirimkan permohonan ke nomor 08118005373 dengan menyertakan maksud dan tujuan serta melampirkan Nama lengkap, NIK serta Nomor telepon.

Di era modern saat ini kita dapat mengakses data pribadi yang telah kita upload ke dinas kependudukan melalui internet. Kita bisa mengecek melalui nomor HP, melalui situs atau laman pemerintahan, melalui aplikasi dan juga media sosial.

Itulah 5 cara cek nomor Kartu keluarga (KK) dan nomor induk kependudukan (NIK) secara online. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah cek KK online Jakarta, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB, Jambi, Bengkulu, dan Riau (Penulis: Rocky Irfan). 

Belum ada Komentar untuk " 5 Cara Cek Nomor KK dan NIK Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel