8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

hanalfa.com: Ada 8 cara mengatasi kenapa HP tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong. Permasalahan lainnya ada juga download tertunda di Playstore. Akibatnya tidak bisa menginstall aplikasi dari Play Store. 

Play Store seperti namanya merupakan pusat belanja aplikasi, kamu bebas mendownload aplikasi apapun seperti game, kegiatan olahraga, pendidikan, maupun media sosial. Playstore memberikan kamu banyak pilihan mulai dari aplikasi media sosial terfavorite, games terbaik dan lainnya. 
8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Instal Aplikasi di Play Store
Aplikasi ini juga memberikan rating juga membebaskan penggunanya memberikan ulasan terkait aplikasi yang telah didownload. Playstore berperan sebagai penyedia aplikasi yang bisa didownload secara gratis dan mudah. 

Namun sayangnya Play store sendiri memiliki beberapa masalah seperti tak bisa mendownload atau aplikasi yang kita download, proses downloadnya tidak berjalan. Sebenarnya, permasalahan ini dapat diatasi.

Inilah 8 cara mengatasi HP tidak bisa download aplikasi di Play Store padahal memori sudah kosong, tapi tetap tidak bisa menginstall aplikasi. Berikut langkah-langkah 8 cara itu:

1. Mencoba Periksa Koneksi Internet

Biasanya permasalahan yang paling umum adalah internet, kuota yang habis atau jaringan yang memang buruk akan membuat playstore tidak bisa untuk melanjutkan proses download, karena proses unduhan membutuhkan koneksi internet. Cobalah cek jaringan anda dan pastikan anda memiliki banyak sinyal, pastikan juga anda memiliki kuota atau tersambung ke wifi yang bisa mengakses internet.

2. Mengecek dan Memperbaharui Waktu dan Tanggal di Handphone

Meski terdengar sepele, perubahan waktu dan tanggal juga mempengaruhi eror saat proses download di play store. Hal ini dikarenakan google membutuhkan singkronisasi dengan perangkat anda melalui waktu dan tanggal yang tertera. Pastikan waktu dan tanggal harus sama dengan waktu yang sedang berjalan. Anda bisa mengubahnya pada pengaturan, kemudian klik pengaturan sistem.

3. Perbarui Play Store 

Bisa jadi permasalahan yang anda alami adalah karena play store yang anda gunakan sudah lawas sehingga tidak bisa digunakan lagi. Perbarui play store anda dengan cara membuka playstore kemudian tarik kekiri utuk membuka setean playstore. 

Kemudian pilih opsi setelan lalu lanjutkan untuk mengklik versi play store klik berulang hinga muncul popup aapakah play store anda versi terbaru atau bukan kalau bukan klik perbarui.

4. Membersihkan Cache dan Pemakaian Data Pada Google Play Store

Kita perlu secara berkala membersihkan perangkat dari cache atau data, sampah-sampah yang dapat menghambat performa ponsel anda pun termasuk pada Play Store.

Sebab berperan sebagai penyedia akses download aplikasi sudah barang tentu banyak cache atau data yang tersimpan yang harus segera dibersihkan agar tidak menghambat performa play store anda. Caranya adalah dengan membuka setelan pada perangkat anda , kemudian pilih aplikasi lalu klik dan pilih opsi bersihkan cache.

5. Memasang Google Play Servis yang Terbaru dan Membersihkan Cachenya 

Kamu juga perlu mengecek google play servis apakah sudah menggunakan versi yang terbaru, karena google play store dengan google play servis berkaitan, google play servis dapat memperbaiki aplikasi melalui sistem, kemudian periksa juga cache yang ada pada google play servis kemudian bersihkan. Caranya adalah dengan membuka setelan pada perangkat kemudian pilih aplikasi, lalu klik google play servis dan bersihkan cache.

6. Mereset Ulang Akun Google Pada Perangkat

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka setelan pada perangkat, kemudian pilih akun, kemudian pilih opsi hapus akun. Pastikan sebelum melakukan langkah ini anda sudah mengingat semua email yang tersambung pada perangkat termasuk sandinya.

7. Mengecek Aplikasi Sistem yang di Nonaktifkan

Bisa jadi permasalahn utamanya adalah kamu yang tanpa sengaja atau sengaja menonaktifkan aplikasi sistem yang berkaitan dengan google playstore. Aktifkan kembali dnegan membuka setelan, aplikasi kemudian klik aktifkan semua.

8. Memberhentikan Proses Pembaruan Otomatis Pada Google Play Store

Langkah cara memberhentikan proses pembaruan otomatis di Google Play Store  adalah dengan membuka setelan, aplikasi pilih play store kemudian, copot pemasangan pembaruan. Kalau masih tidak bekerja lakukaninstall ulang pada pembaruan.

Anda bisa melakukan langkah di atas untuk memperbaiki play store yang tidak mau mendwnload atau proses download tidak berjalan. Jika memang cara tersebut tidak berhasil anda bisa melakukan langkah yang terakhir dengan mengembalikan setelan pabrik, namun anda harus terlebih dahulu mencadangkan isi perangkat anda, karena anda akan benar-benar mengulang perangkat dari awal.

Nah itulah 8 cara mengatasi kenapa HP tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong. Semoga permasalahan lainnya kada juga download tertunda di Playstore juga dapat diatasi. Walhasil bisa menginstall aplikasi dari Play Store (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel