3 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di HP

hanalfa.com: Pernahkah kamu memiliki masalah ketika memasukkan memory card atau kartu memori ekternal, sehingga penyimpanannya tidak muncul. Masalah ini sering timbul bagi perangkat yang menggunakan Memory card. Memory card sendiri sebenarnya merupakan penyimpanan tambahan yang bisa dipasangkan ke smartphone sebagai ruang tambahan atau memory eksternal sehingga penyimpanan perangkat (internal) tidak terganggu dengan banyak file yang kita simpan ke dalam perangkat. 

Penyimpanan internal bisa lebih dioptimalkan untuk memasukkan file-file  aplikasi-aplikasi  yang tentu saja tidak bisa digantikan posisinya oleh Memory card. Selain itu penyimpanan internal sendiri biasanya tidak memiliki banyak ruang sehigga perangkat akan lebih lemot apabila dipaksa untuk menyimpan file terlalu banyak. Permasalahan Memory card sendiri sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa langkah berikut.
3 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di HP

3 cara mengatasi memory card yang tidak terbaca sebagai berikut:

1. Membersihkan memory card yang akan dipakai

Langkah yang pertama adalah dengan membersihkan Memory card yang akan digunakan termasuk juga slot untuk masuknya Memory card pada perangkat. Hal ini bertujuan agar Memory card bisa terbaca oleh perangkat, karena beberapa masalah Memory card yang tidak terbaca permasalahannya bisa karena debu, dan juga benda-benda lain yang menempel pada Memory card maupun slot untuk masuknya Memory card.

Anda dapat membersihkannya dengan penghapus, sangat direkomendasikan untuk menggunakan penghapus yang berwarna putih. Bagian yang lebih difokuskan untuk dibersihkan adalah bagian tembaganya. 

Anda bisa menggosok dengan perlahan jangan sampai membuat goresan pada tembaga.  Jika sudah dibersihkan maka masukkan kartu Memory card tersebut.

2. Melakukan format pada HP dan juga komputer 

Adakalanya kita memang harus melakukan format agar Memory card tersebut terbaca, hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh virus yang masih ada pada file yang kita miliki. Memformat pada HP atau smartphone tidak berbeda jauh ketika kita melakukannnya melalui laptop. 

Jika melalui smartphone, pertama ke setelan HP, kemudian anda pilih opsi pengaturan lainnya lalu pilih untuk masuk ke penyimpanan terakhir Hapus Kartu SD. Sedangkan jika melalui laptop atau Komputer, anda tinggal klik kanan lalu format, kemudian coba buka kembali Memory card anda apakah sudah bisa dibuka. 

3. Memeriksa apakah kartu sudah eror melalui laptop

Kamu juga bisa memperbaiki Memory card milikmu dengan terlebih dahulu mengecek apa permasalahan dari error Memory card milikmu. Caranya , Sambungkan HP/ Smartphone milkmu yang sudah dimasukkan di dalamnya Memory card  menggunakan kabel data/ USB kemudian ubah mode yang ditampilkan saat sambungan dari MTP (Media Transfer Protocol) ke mode MSC (Mass Storage Card).  

Setelah itu buka penyimpanan komputer, pada Memory card and klik kanan lalu cari opsi properties, lalu pilih lagi opsi tools kemudian error checking. Kemudian sistem akan dengan sendirinya melakukan pengecekan serta mengatasi permasalahannya. 

Tunggu hingga proses benar-benar selesai kemudian klik kanan pada Memory card lalu eject. Masukkan kembali Memory card yang sudah selesai di cek. Kemudian lihat apakah sudah bisa dibuka atau belum. Jika belum anda dapat menggantikan kartu tersebut dengan yang baru. 

Memory card memang rentan sekali untuk rusak, hal ini berkaitan dengan chip tembaga yang terpasang di Memory card apabila, tembaga tersebut tergores meski sedikit demi sedikit lama-lama tidak akan terbaca kembali. Untuk itulah kita perlu terbiasa membersihkan Memory card dari debu-debu yang menempel secara berkala. 

Nah itulah 3 cara mengatasi memory card atau kartu memori eksternal. Alhasil membuat HP jadi tidak lemot lagi karena keberatan beban file (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di HP "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel