8 Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas

hanalfa.com: Handphone (HP) yang cepat panas merupakan satu masalah yang paling sering dikeluhkan pengguna HP, ponsel, atau smartphone. Terutama HP yang memiliki RAM kecil paling rentan HP nya cepat panas. Cara supaya tida cepat panas dapat dilakukan jenis HP Xiomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realmi, Iphone, dan laiinya.

Meskipun pada dasarnya semua Smartphone bisa saja cepat panas jika digunakan tanpa henti dan banyak aplikasi yang dijalankan. Hal ini akan menyulitkan kita ketika akan menggunakan smartphone yang sedang panas, selain membuat batre cepat habis smartphone yang terlalu panas akan membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya. 
8 Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas
Smartphone yang juga lama dipakai main game online dengan jaringan yang jelek juga bisa membuat smartphone cepat panas. Selain hal-hal yang kita tahu penyebabnya Smartphone juga sering panas dengan sebab yang kita tidak tahu. Namun sebenarnya ada cara untuk membuat Smartphone kita tidak cepat panas.


Delapan cara Mengatasi HP yang Cepat Panas adalah sebagi berikut:
 

1. Menghindari Penggunaan HP diluar Ruangan/ terkena matahari Langsung

Meski banyak ponsel memberikan fitur untuk digunakan diluar ruangan seperti kamera kecerahan dan lain sebagainya. Sebenarnya smartphone sangat rentan panas terhadap cahaya matahari langsung, hal ini disebabkan smartphone/ Ponsel dapat menyerap panas yang ditimbulkan oleh ruangan termasuk udara dingin dari AC. Itulah kenapa Smartphone cepat panas apabila kita gunakan diluar ruangan dan terkena cahaya matahari langsung dan bisa dingin sekali apabilla kita berada diruangan AC. 

2. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa aplikasi berjalan di latar belakang tanpa kita sadari, hal ini dapat membuat perangkat kita cepat panas ketika akan digunakan. Kita terkadang lupa untuk benar-benar menutup aplikasi yang tadinya kita jalankan, dan langsung menekan tombol home. 


Anda dapat menutup aplikasi yang berjalan tersebut dengan melakukan klik padd tombol back sebelah kiri yang ikonnya strip dua tersebut kemudian klik tanda silang hingga tampilan latar belakang anda keseluruhan aplikasi tersebut telah kosong. 

3. Kurangi Kecerahan pada HP

Mengurangi kecerahan pada ponsel dapat mengurangi kinerja perangkat, sehingga batre tidak perlu bekerja begitu keras dalam menyokong kecerahan layar hingga perangkat akan berkurang kerjanya dan akan membuat ponsel menjadi lebih dingin. 

4. Mematikan Ponsel HP

Anda juga dapat mematikan ponsel bila sekiranya Ponsel anda sudah dirasa panas. Mematikan ponsel dapat membuat sistem untuk beristirahat (mati) sehingga tidak ada pekerjaan dari sistem hal ini akan membuat HP menjadi dingin. 

5. Hindari Casing HP yang Terlalu Tebal 

Casing HP yang terlalu tebal dapat membuat perangkat panas, anda dapat melepasnya untuk sementara apabila perangkat sudah terlanjur panas. Anda juga dapat mengganti dengan casing yang lebih tipis untuk membuat HP menjadi tidak panas. 

6. Atur Jarak Ponsel dengan Perangkat lainnya

Ponsel yang ditumpuk dengan barang lain termasuk gadget lain akan membuat HP cepat panas, termasuk juga di dalamnya adalah mendekatnya dengan laptop atau komputer.

7. Kelola Penyimpanan dan Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Penyimpanan juga mempengaruhi ponsel anda untuk cepat panas. Apabila Ponsel memiliki ruang penyimpanan yang terlalu penuh lebih dari kapasitasnya maka akan menyebabkan HP lemot dan akhirnya ponsel menjadi panas. Berikan ruang bagi ponsel untuk bekerja setidaknya sisakan ruang kosong pada penyimpanan internal anda, jangan isi terlalu penuh. 

8. Cabut Charger Saat Akan Digunakan

Charger yang masih menempel pada listrik, membuat HP memiliki kelebihan muatan listrik yang membuatnya rentan untuk panas ditambah perangkat yang juga dimainkan, akan membuat Ponsel lebih panas. 

Selain hal-hal diatas yang perlu dihindari ketika smartphone anda panas dan juga cara mengatasinya, anda juga dapat melakukan satu hal lagi yaitu menaruh Smartphone anda pada tempat yang dingin, misalnya pada keramik. Letakkan dan diamkan jangan di gunakan terlebih dahulu, jika smartphone sudah dingin maka anda sudah dapat menggunakannya kembali. 

Nah itulah 8 cara penjelasan cara mengatasi Handphone (HP) yang cepat panas. Supaya tidak menjadi  masalah yang paling sering dikeluhkan pengguna HP, ponsel, atau smartphone jenis  jenis HP Xiomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realmi, Iphone (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " 8 Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel