2 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP

hanalfa.com: Cara mengatasi memori internal penuh di HP Xiomi, Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, Iphone, dan Realme. Pengguna HP harus tau cara mengatasi penyimpanan penuh pada ruang penyimpanan internal atau eksternal.
 
Sebelum masuk cara mengatasi memori internal penuh di HP Xiomi, Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, Iphone, dan Realme. Pasti kesal memiliki HP selalu penuh padahal sudah menghapus banyak file-file besar bahkan hingga tak tersisa lagi ruang untuk menyimpan satu buah gambar sekalipun. Kadang kita merasa kesal menggunakan HP yang ruang penyimpanannya selalu penuh meskipun kita sudah tidak menyimpan file-file berukuran besar. 
2 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP
Selalu menghapus untuk memberikan ruang tapi, HP kita tidak memiliki ruang yang cukup, hingga kita kehabisan akal untuk mengatasinya. Bahkan masalah ini terkadang tidak selelsai meskipun kita sudah menginstal aplikasi pembersih sampah pada HP kita. Terkadang bingung cara mengatasi penyimpanan penuh di ruang penyimpanan HP internal atau eksternal.

Rupanya HP yang selalu penyimpanannya penuh padahal tidak menyimpan file-file besar ada penyebabnya. Penyebabnya adalah penggunaan aplikasi yang digunakan di HP anda, memori internal penuh di HP Xiomi, Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, Iphone, dan Realme. 

Aplikasi yang dimaksud disini bukan hanya yang berjalan ketika dibuka yang biasanya kita peroleh melalui instalasi dari playstore  maupun appstore. Namun, juga yang  bisa berjalan dibelakang layar artinya yang berkaitan dengan sistem sehingga tidak dibuka sekalipun aplikasi yang satu ini tetap berjalan dan kadang update otomatis apabilan setelannya tidak diperbarui. 

Aplikasi belakang layar inilah yang menyebabkan ruang peenyimpanan anda cepat habis dan ketika dicari file yang akan dihapus membingungkan karena bentuknya yang tidak seperti file yang kita tahu. Kehabisan ruang seperti ini dapat di atasi dengan mengubah setelan dan menonaktifkan beberapa perangkat sistem yang tidak diperlukan yang berjalan di belakang layar seperti telah disebutkan tadi. 

Langkah-langkah cara mengatasi memori internal penuh di HP Xiomi, Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, Iphone, dan Realme, sebagai berikut:

1. Mendownload aplikasi Disabel Service

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan, hanya saja penggunaan aplikasi tambahan ini akan sangat membantu pekerjaan agar lebih praktis dan mudah untuk dilakukan. Langkahnya, pertama silahkan ddownload aplikasi disable service, bisa di appstore maupun di playstore menyesuaikan Hp anda. Kemudian install pada perangkat.

Lalu pastikan beberapa aplikasi yang ingin anda berhentikan. Contohnya seperti weather, atau kalender dan pisahkan aplikasi yang memang penting untuk dijalankan seperti Whatsapp.  Pada dasarnya berhentikan aplikasi yang menurut kebutuhan anda tidak begitu penting. 

Anda juga dapat mengecek aplikasi yang tidak terpakai dengan membuka setting atau pengaturan kemudian klik manager aplikasi dan buka aplikasi berjalan disitu anda dapat menemukan aplikasi yang memang anda pakai dan tidak. Selanjutnya kemabali pada disable service dan pilih centang untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai. Kemudian restart HP anda untuk memulihkan.

2. Mendownload lucky Patcher 

Pada Poin satu langkah-langkah tersebut dapat dilakukan apabila HP anda sudah root. Kalau belum silahkan mendownload aplikasi Lucky patcher pada playstore maupun appstore. 

Kemudian ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut. Pertama, install aplikasinya pada HP anda kemudian anda diminta buntuk menyetujui beberapa peraturan layanan. Kemudian setelah melakukan verifikasi pilih apliakasi yang ingin di non aktifkan seperti langkah di atas pada poin satu. 


Setelah anda memilih aplikasinya kemudian klik open menu, klik create mod, apk file dan kemudian klik apk with permission and act. Anda akan melihat beberapa file yang menyebutkan nama dari aplikasi yang akan anda non aktifkan kemudian klik rebuild thee app tunggu beberapa saat proses berjalan .

Pada dasarnya HP yang lemot dipengaruhi karena penggunaan Ram pada HP anda, yang juga ddisebabkan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan berjalan dengan sendirinya bdibelakang layar karena termasuk sistem. Melalui langkah yyang telah diberikan anda dapat menon aktifkan apliaksi yang tidak dibutuhkan dan menghemat ruang.

Nah itulah cara mengatasi memori internal penuh di HP Xiomi, Oppo, Samsung, Lenovo, Vivo, Iphone, dan Realme. Penting banget informasi ini bagi pengguna HP harus tau cara mengatasi penyimpanan penuh pada ruang penyimpanan internal atau eksternal (Penulis: Rocky Irfan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel