Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak dan Kelengkapan Data

hanalfa.com: Cara cek BPJS aktif atau tidak itu penting. Supaya bisa mengetahui sebagai pengguna kepesertaan BPJS tidak dibekukan, dan masih bisa digunakan. Maka kelengkapan-kelengkapan data BPJS harus dicek baik itu, BPJS Ketenagakerjaan diantaranya, Perusahaan (Pemberi Kerja), Individu (Pekerja BPU), Pekerja Migran (TKI), dan Jasa Kontruksi (JAKON).

Alasanya pada 1 November 2020 bagi peserta yang menggunakan BPJS jika persyaratannya belum lengkap maka data keanggotaannya akan di non aktifkan sementara waktu hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan, yakni  M Iqbal Anas Maruf. Hal ini tentunya akan berdampak besar bagi pengguna BPJS yang akan menggunakan kartunya dalam waktu dekat. 
Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak dan Kelengkapannya
Permasalahan yang biasanya dihadapi bagi peserta BPJS terkait kelengkapan data adalah data mengenai NIK (Nomor Induk Kependudukan).  Merekayang dimaksud disini kebanyakan adalah para peserta PPU PN (Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara) dan juga para peserta JKN-KIS PPU PN yang juga dalam data kepesertaannya belum terisi NIK termasuk juga pengguna Pribadi maupun kontrak kerja yang data kepesertaanya belum lengkap. 

Cara cek BPJS aktif atau tidak dan kelengkapan data adalah sebagai berikut:

1. Melalui Aplikasi JKN

Kamu bisa mengecek kelengkapan data milikmu melalui aplikasi buatan BPJS, yaitu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Aplikasi ini bisa diakses melalui smartphonemu dengan terlebih dahulu mendownloadnya pada playstore maupun app store ataupun melalui PC/ Laptop. 

Selain itu kamu bisa juga mengaksesnya dan login melalui browser. Saat berada ditampilan menu JKN, masuk/ login dengan akun milikmu kemudian isi pasword, setelah berhasil masuk kamu bisa mengecek kelengkapan data milkmu melalui opsi peserta. 

2. Melalui Call Center  BPJS 

Langkah yang juga bisa menjadi alternatif kamu lakukan adalah menghubungi call center dari BPJS Kesehatan ke 1500 400. Disana kamu akan dilayani oleh call center yang tersambung langsung dengan BPJS kesehatan pusat. 

Kamu bisa menceritakan eluhanmu, yaitu untuk menanyakan kelengkapan data yang kamu miliki apakah sudah lengkap atau belum kemudian call center akan mengecek data milikmu. Kalau ternyata kurang kamu bisa langsung mengurusnya dan tanyakan untuk langkah selanjutnya.

3. Whatsapp

Saat ini BPJS juga sudah dapat dihubungi melalui whatsapp, sepertinya layanan yang ini cukup mudah dan dekat dengan kita. Karena hampir semua orang kemungkinan menggunakan whatsapp. 

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengecek kelengkapan datamu dengan mengirimkan pesan ke nomor 0811-8750-400. Ceritakan tujuanmu dengan pesan yang singkat padat dan jelas kemudian kirimkan pesan tersebut. Call center BPJS whatsapp nantinya akan membimbingmu untuk mengecek datamu. 

4. Petugas BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Kalau ketiga cara di atas hasilnya tidak sesuai keinginanmu. Kamu dapat mengurusnya langsung dan bertanya pada petugas BPJS Kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit. 


Lalu juga bisa sekalian membawa kelengkapan datamu yang sekiranya kurang seperti KTP dan KK dan lainnya. Sebagai Informasi petugas BPJS SATU tugasnya adalah untuk memberikan informasi berupa penanganan dan pengaduan PIPP BPJS Kesehatan yang ada di Rumah Sakit.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Maruf maka akun-akun kepesertaan BPJS mulai tanggal 1 November akan dibekukan apabila kelengkapan anggotanya masih belum lengkap untuk sementara waktu. Kebutuhan Kartu BPJS Kesehatan tentunya tidak dapat kita ukur kapan diperlukan sehingga kartu tersebut harus sedia setiap saat.

Dengan melakukan pengecekan terhadap akun kita tentunya hal ini dapat mengantisipasi kejadiaan kartu yang tidak dapat digunakan, anda dapat melakukan beberapa alternatif yang telah disebutkan di atas. Nah itulah cara cek BPJS aktif beserta kelengkapannya data (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak dan Kelengkapan Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel