Cara Pakai eSim, Teknologi Baru Ganti SIM Card Tak Perlu Kartunya

hanalfa.com: Teknologi baru hadir, yakni cara pakai eSim. eSim adalah memudahkan para pengguna Handphone (HP) untuk tidak perlu lagi bongkar wadah kartu jika ingin menggantinya, cukup pakai eSim.

Siapa yang selalu mengganti kartu setiap bulan untuk menikmati layanan kuota murah promo untuk tiap bulannya. Pasti menyulitkan untuk terus-terusan membongkar slot sim pada HP untuk mengganti kartu. 
Meski saat ini sudah banyak HP yang mengganti kartu tidak perlu melepas batre atau melakukannya disaat HP masih menyala, mengganti kartu tettap saja merupakan hal yang menyulitkan, belum lagi harus mencari jarum yang bisa saja hilang atau tidak kita miliki. Namun saat ini sudah ada teknologi eSim. 
Cara Pakai eSim, Teknologi Baru Ganti SIM Card Tak Perlu Kartunya
Sim card sendiri terdiri dari nano, mikro maupun sim card dengan ukuran standar, tetapi saat ini teknologi terbaru sudah menghadirkan eSim. Kalau kebanyakan kartu biasanya perlu membongkar dan mengganti kartu tiap akan beralih provider atau beralih kartu yang sama provider namun beda nomer, menggunakan eSim tidak perlu melakukan hal tersebut. 

eSim memungkinkan keduanya beralih kartu tanpa melepas atau mengganti kartu yang ada di slot Sim card, melainkan dengan melakukan pemindaian dari barcode yang diberikan provider pada kartu.

Nah inilah cara menggunakan eSim di HP supaya tidak repot lagi saat ganti SIM Card tak perlu lagi bongkar HP dan kartunya sebagai berikut:

1. Smartphone Terkoneksi dengan Internet.

Pastikan smartphonemu terkoneksi dengan internet, karena saat melakukan proses pergantian eSim kita memerlukan koneksi internet. Kamu bisa menggunakan Wifi ataupun paket data yang kamu miliki. Kamu menyambungkannya melaui pintasan pada smartphone atau pada setelan dan kemudian sambungkan dengan Wifi yang ada.

2. Mengatur Setelan

Langkah selanjutnya adalah ke setelan smartphone (pengaturan) kemudian pilih opsi Seluler terakhir gulir kebawah hingga menemukan tambah paket seluler dan klik.

3. Menscan Code QR

Setelah langjah diatas selesai kemudian akan muncul tampilan scan, di sini kamu harus menscan kode QR yang ada pada kartu yang sudah kamu beli(yang akan dipakai). Pada kartu tersebut dibagian belakang kartu terdapat barcode yang dapat kamu scan menggunakan menu pada tampilan smartphonemu .Setelah barcode selesai di scan kemudian akan muncul kotak dialog lanjutkan, kemudian klik. 

4. Menambahkan Provider

Kemudian pilih provider yanga akan dijalankan sesuai kartu yang di scan , setelah itu pilih add seluler plan dan kemudian tunggu hingga proses pengaktifan pada perangkat selesai.  Jika proses berjalan baik dan sukses maka smartphonemu akan menampilkan sinyal operator pada perangkat. 

5. Meregistrasi Kartu

Perlu dipahami bahwa proses yang tadi dilakukan adalah proses untuk mengaktifkan kartu pada perangkat, namun aktivasi jaringan pada perangkat belum aktif. Kamu tetap harus meregistrasi kartu yang akan kamu gunakan. Prosesnya sama berggantung provider masing-masing. 

Biasanya akan muncul notifikasi untuk melakukan registrasi, kamu dapat mengisi nomor KTP(Kartu Tanda Penduduk) dan Juga nomor KK (Kartu Keluarga). Jika sudah diregistrasi maka kartu sudah dapat digunakan. 

Penggunaan eSim tentunya akan memudahkan dalam penggantian kartu, kita jadi tidak perlu repot-repot untuk membongkar slot sim card sehingga tentunya proses pergantian kartu menjadi lebih mudah. Namun sayangnya karena merupakan teknologi terbaru tentunya belum banyak perangkat yang mengusung teknologi ini. 

Hingga saat ini beberapa smartphone atau HP yang sudah menggunakan teknologi eSim diantaranya adalah deretan Iphone generasi terbaru, seperti Iphone XR, XS , XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Namun bagi pengguna Android tidak perlu khawatir, karena nantinya android juga akan menggunakan teknologi yang sama. Hal ini karena teknologi eSim merupakan inovasi untuk kartu masa depan.  

Nah itulah penjelasan tentang teknologi baru yang hadir, yakni cara pakai eSim. eSim adalah memudahkan para pengguna Handphone (HP) untuk tidak perlu lagi bongkar wadah kartu jika ingin menggantinya, cukup pakai eSim. Semog hadir untuk HP Xiomi, Samsung, Oppo, Vivi, Realme, dan lainnya (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Pakai eSim, Teknologi Baru Ganti SIM Card Tak Perlu Kartunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel