Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tak Terbaca

hanalfa.com: Cara mengatasi atau memperbaiki Hardisk eksternal tidak terbaca atau rusak memang sedikit menyebalkan. Perbaiki Hardisk eksternal yang tidak terbaca sama sekali di windows 10, 13, 16, 2007 sesuai penyebab masalah kerusakan yang dialami. 

Hardisk merupakan media yang digunakan untuk menyimpan berkas-berkas baik berupa file Foto, musik, video dan lainnya. Hardisk sendiri ada dua type yaitu hardisk internal dan Eksternal. 
Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tak Terbaca

Mudahnya Hardisk Eksternal merupakan Jenis Hardisk yang bisa dilepas dan disambungkan pada computer dari luar menggunkan bantuan kabel USB, sedangkan untuk hardisk internal merupakan media penyimpanan yang letaknya berada di dalam computer sehingga tidak bisa dengan mudah dilepas dan dipasang kembali.  

Orang menggunakan hardisk eksternal biasanya karena penyimpanannya di dalam computer sudah melebihi batasan untuk ditampung melalui hardisk internal/ penyimpanan dalam komputer sehingga menggunakan penyimpanan tambahan berupa hardisk eksternal. 

Selain itu penggunaan hardisk eksternal yang praktis/ mudah dilepas serta penyimpanannya yang terbilang cukup besar memudahkan dalam memindahkan file dari computer yang satu ke lainnya. Namun karena sering untuk dilepas dan disambungkan pada komputer inilah yang menyebabkan hardis eksternal sering mengalami masalah, dan masalah paling utamanya adalah tidak bisa dibaca pada perangkat computer. 

Berikut adalah cara mengatasi atau memperbaiki Hardisk eksternal tidak terbaca atau rusak sesuai penyebab masalah kerusakan yang dialami oleh Hardisk.

1. Masalah Berjalannya Disk  komputer

Driver di hardisk eksternal sendiri berfungsi sebagai penggerak atau pengoperasian hardisk, sehingga apabila hal ini bermasalah tentunya hardisk tidak akan terbaca oleh perangkat. Cara mengatasinya adalah dengan klik kanan pada My Computer/ start Menu anda kemudian pilih atau cari opsi Device Manager. 

Jika anda tidak menemukannya search pada kolom pencarian yang berada paling bawah pojok kiri kemudian cari. Setelah itu jika anda melihat ada tanda peringatan/ tanda seru berarti memanga ada permasalahan pada driver hardisk anda, silahkan install driver hardisk dan baru dan kembali masukkan hardisk anda. 

2. Mengatur Ulang Hardisk

Langkah yang kedua adalah mengatur ulang dengan cara klik start menu pada computer, kemudian create anda format hardisk partition atau jika tidak berhasil dengan klik Windows+R hingga muncul kolom dialog, ketikan pada kolom tersebut diskmgmt.msc setelah itu format ulang Drive. 

Dengan melakukan langkah ini kamu akan memformat ulang hardiskmu, biasanya permasalahan hardisk tidak terbaca juga dipengaruhi oleh file di dalamnya sehingga apabila tidak terbaca cara mengatasinya adalah dengan melakukan fomat sehingga file didalamnya akan di hapus. 

3. Permasalahan karena Kabel Data

Apakah kamu sudah mencoba mengganti kabel USB, jika belum langkah ini bisa menjadi alternatif. Mekanisme pengunaan hardisk sama dengan charger, USB memiliki peranan penting dalam mengantarkan sinyal ke perangkat. 

Jika USB bermasalah pastinya file tidak akan terbaca. Kabel USB ada dua pastikan anda mengenali milik anda sebelum menggantinya yang pertama USB to USB atau male dan yang kedua adalah USB tipe C yang berukuran lebih tebal dari versi yag satunya. 

4. Permasalahan Ruang Penyimpanan

Permasalahan lainnya adalah hardisk yang tidak memiliki letter atau ruang penyimapanan, seperti letter C, D atau E yang biasa kita lihat di computer. Cara memperbaikinya adalah dengan menambahkan letter, pertama klik atau pilih opsi disk management pada windows/ start Menu pada komputer kemudian klik kanana pada Disk yang bermasalah setelah itu pilih Change Drive Letter and Path terakhir klik add change untuk menambahkan, sisanya anda tinggal mengikuti petunjuk yang diarahkan nantinya saat proses berlangsung. 

Hardisk yang tidak terbaca tentunya akan menjadi masalah, apalagi jika hardisk tersebut menyimpan file-file berharga yang kita miliki. Maka dari itu kita memang perlu memriksa keadan dari Hardisk yang kita miliki apabila sudah tidak bekerja secara optimal kita bisa berjaga-jaga untuk kembali merapikan file penting dan menyimpan back upnya. 

Selain itu jangan mengisi hardisk terlalu penuh, karena akan menjadi salah satu penyebab hardisk tidak bekerja dengan optimal. Nah itulah cara mengatasi atau memperbaiki Hardisk eksternal tidak terbaca atau rusak. Perbaiki Hardisk eksternal yang tidak terbaca sama sekali di windows 10, 13, 16, 2007 paling penting tau penyebabnya dulu (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tak Terbaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel