Cara Menambakan Tanda Tangan dan Cap Stempel di PDF

hanalfa.com: Ada cara menambahkan tanda tangan di PDF. Begitu juga cara menambakan atau menyispkan cap stempel di PDF. Maka mudah membuat tanda tangan dan menambhkan cap stempel di dalam isi dokumen PDF HP atau Laptop.

Membuat file PDF mungkin sudah tidak asing bagi tiap orang. Akan tapi pernahkah kamu sudah membuat file PDF kemudian lupa untuk menambahkan tanda tangan pada file tersebut. Sedangkan file tersebut membutuhkan tanda tangan, seperti contoh dokumen laporan ilmiah dan sebagainya. 
Cara Menambakan Tanda Tangan dan Stempel di PDF
Biasanya bagi orang yang belum mengetahui triknya mereka pasti akan langsung mencetak file tersebut, tanda tangani, baru kemudian dijadikan file PDF lagi. langkah ini tentu saja tidak salah tetapi pastinya sangat menyita waktu dan juga biaya karena kita harus mencetak ulang file yang kita butuhkan. Sebenarnya menyisipkan atau menambakan tanda tangan dan stempel di file PDF bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan tanpa ribet. 

Inilah langkah-langkah cara menambkan tanda tangan dan cap stempel di file PDF tanpa ribet sebagai berikut. 

1. Download Adobe Acrobat Reader

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Adobe Acrobat Reader, aplikasi ini nantinya memungkinkan kita merubah dokumen PDF. Dengan banyak tools dan opsi yang dapat digunakan, dan salah satu kegunaanya bisa untuk menyisipkan tanda tangan. 

Kamu bisa mendownloadnya melalui playstore untuk pengguna android dan appstore bagi pengguna Ios, download kemudian install pada HP atau laptop anda dan tunggu hingga aplikasi terpasang. 

2. Buka File PDF

Langkah berikutnya adalah cari dokumen yang akan disisipkan tanda tangan tersebut melalui aplikasi Adobe Acrobat Reade. Kemudian setelah terbuka gulirkan kursor sampai ketempat seharusnya anda meletakkan tanda tangan dan cap stempel. Bila belum ada silahkan membuat dulu file PDF.

3. Sisipkan Tanda Tangan dan Cap Stempel Melalui Gambar

Selanjutnya klik bagian kosong yang seharusnya dibubuhi tanda tangan hingga muncul tab baru. Pilih ikon pesan dan pena yang berada di urutan nomor dua paling bawah dari kiri.

Kemudian lanjutkan dengan memilih ikon pena tinta yang paling ujung dari kotak. Lalu pilih ikon gambar dan sisipkan gambar tanda tangan atau cap stempel yang sudah di foto sebelumnya.

Catatan, untuk foto tanda tangan atau cap stempel yang akan disisipkan pastikan kualitas gambar jernih dan proses pengambilan gambar di tempat yang terang dan tidak minim cahaya. Anda bisa menggunakan bantuan sinar matahari atau lampu kamera pada smartphone. Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan klik done yang berada pada bagian pojok kanan layar. 

4. Sisipkan Tanda Tangan Secara Langsung 

Nah jika memang yang akan dimasukkan adalah tanda tangan atau cap stempel anda sendiri. Anda juga bisa menambahkan tanda tangan tersebut secara langsung dengan membuat goresan langsung pada kolom tersebut menggunakan tools yang ada pada aplikasi ini. 

Caranya adalah buka dokumen seperti langkah awal, masuk kekolom pesan dan pulpen. Kemudian pilih ikon pena tinta yang berada pada ujung kolom selanjutnya anda bisa langsung menandatangani dibagian tengah kolom tersebut, jika sudah klik done.

Menambahkan tanda tangan di file PDF sekarang sudah dapat anda lakukan dengan cara yang lebih mudah dan tanpa ribet. Anda bisa menambahkannya melalui foto maupun menyisipkannya secara langsung pada dokumen. 

Itulah cara menambahkan tanda tangan di PDF. Begitu juga penjelasan cara menambakan atau menyispkan cap stempel di PDF. Maka mudah membuat tanda tangan dan menambhkan cap stempel di dalam isi dokumen PDF HP atau Laptop (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menambakan Tanda Tangan dan Cap Stempel di PDF "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel