Cara Menulis Naskah Drama Mudah, Pakai Aplikasi Kit Scenarist

hanalfa.com: Aplikasi Kit Scenarist sangat membantu dalam cara menulis naskah drama dengan instan dan cepat. Hasilnya pun bagus, dan jadi bersemangat saat menulis karena Aplikasi Kit Scenarist memiliki 6 manfaat yang membantu dalam menulis naskah drama.

Menulis Naskah drama merupakan pelajaran yang penting bagi mereka yang hobi membuat film atau melakukan pementasan. Biasanya sebelum sebuah drama dipentaskan di atas panggung kita terlebih dahulu harus menulis naskahnya. 
Cara Menulis Naskah Drama Mudah, Pakai Aplikasi Kit Scenarist
Menulis naskah drama bisa dikatakan sulit karena kita perlu memikirkan banyak komponen-komponen yang sudah seharusnya ada di pementasan drama seperti pembukaan, konflik dan bagaimana klimaks yang akan disajikan. Namun kebanyakan penulis naskah pemula hanya melakukan proses asal tulis sehingga tidak membuat sebuah naskah drama yang padu dan bahkan alur yang dibawakan akan bolak balik karena ketidak sesuaian dengan adegan yang akan dibawakan. 

Penulisan yang tidak tersistem hanya akan menyajikan penulisan yang buruk. Melalui aplikai KIT scenarist kita bisa membuat naskah drama melalui bagian-bagiannya sehingga penulisan naskah akan tersistem dan kita akan mengetahui bagian mana yang sudah selesai mana yang belum dan mana yang perlu disempurnakan. 

Inilah 6 manfaat aplikasi Kit Scenarist buat cara menulis naskah drama sebagai berikut:

1. Memungkinkan mengubah naskah dari format yang berbeda 

Aplikasi ini memungkinkan anda dapat mengubah format yang berbeda yang anda terima dari perangkat lain dan mengubahnya ke format yang anda inginkan jenis file yang bisa diubah, yaitu final Draft (screen play dan template), fontain , MS word dan document, Celtx Open Document dan Trelby. Format yang telah diubah hasilnya tidak akan berantakan namun bisa sampai mendekati hasil aslinya sehingga anda tidak perlu merapikan secara penuh mungkin hanya beberapa bagian kecil.


2. Mengisi bagian-bagian scenario 

Melalui aplikasi KIT Scenarist kamu dapat menyesuaikan bagian bagian yang kamu buat dengan bentuk folder-folder dari bagian-bagian se=cenario yang kamu buat sehingga pekerjaanmu akan lebih tersitem dan kamu benar-benar mengetahui kekuatan dari masing-masing bagian tersebut. 

Kamu bisa membukanya pada menu kemudian script disana kamu akan menemukan beberapa hal yang bisa kamu edit dan kamu masukkan bagian-bagiannya seperti scene heading, action caracter, dialogue, serta komponen lainnya pada naskah kamu bisa merubah bagian bagiannya melalui tab, misal dari action  menjadi character atau kamu juga bisa menggunakan fitur atau opsi fast formating

3. Mengatur Secara Keseluruhan bagian-bagian dan elemen dalam Scenario

Dalam aplikasi yang satu inni anda bisa melihat secara keseluruhan komponen atau bagian-bagian di dalam naskah sebelum dianggap selesai. Mulai dari halaman judul, logline character serta adegan adegan dan komponen lain secara lengkap seperti model review dengan perintah atau opsi sederhana yang bisa membuat anda terfokus dalam menilai bagian bagian tersebut melalui fitur research pada bagian atas tampilan utama.

4. Memetakan plot

Pada panel kiri menu anda dapat menemukan opsi card, ketika anda mengkliknya dsana ada beberapa kotak-kotak kartu dimana anda bisa menyusun plot-plot yang telah anda buat. Anda bisa mengatur ulang letak plot maju ataupun mundur beberapa adegan yang akan ditampilkan diawal di atur ulang posisinya agar bisa ditaruh dibagian akhir ataupun sebaliknya. Di sini kamu dapat memasang kartu-kartu tersebut sebaagai plotmu menyesuaikan kebutuhanmu dalam mengatur plot cerita.

5. Mendata statistik naskah 

Hebatnya aplikasi ini juga dapat memperlihatkan perkiraan estimasi waktu yang diperlukan dengan naskah yang telah kamu tulis seingga kamu akan terbantu sekali dalam menyesuaikan waktu dan secara garis besar paham berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk scenario yang kamu buat. Selain itu bagian bagian seperti mengetahui jumlah adegan juga bisa diakses melalui panel ini. Caranya pada panel kiri menu klik statistic.

6. Perbandingan dengan skenario lain dalam 1 panel

Kamu dapat membuat perbandingan dari naskah lain yang kamu buat dengan naskah lainnya yang sudah kamu perbaharui misalnya. Disini kamu dapat membandingkannya dalam satu panel secara terpisah sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk memberikan penilaian dan koreksi .

Aplikasi yang satu ini juga mudah untuk dipelajari karena semuanya terpisah dalam satu panel dengan bahasa dan perintah yang sederhana sehingga akan sangat mudah dipelajari bahkan bagi pemula. 

Mengaplikasikan naskah anda akan lebih mudah karena sebagai sutradara yang memgang naskah anda telah memetakan adegan-adegan yang anda inginkan secara terstruktur sehingga tidak akan ada adegan yang terlewat. Itualh 6 manfaat aplikasi Kit Scenarist buat cara menulis naskah drama (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Naskah Drama Mudah, Pakai Aplikasi Kit Scenarist"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel