Rekomendasi Kuliner Makanan dan Minuman Terenak dan Khas Singapura yang Digemari Wisatawan

Hanalfa.com-- Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas wisata kuliner yang ada di Singapura. Nah kuliner di Singapura ini beragam ya mulai dari kuliner tradisional yang sudah dimodifikasi menjadi makanan atau kuliner kekinian. 

Cita rasa kuliner tradisional khas Singapura ini juga tak terlalu berbeda dengan lidah para pelancong khususnya para wisatawan yang berasal dari Indonesia. Tentu saja ada yang bercita rasa asin, manis, asam, pedas dan semua itu wajib banget kalian cicipi jika kalian berwisata kuliner ke Singapura.
Rekomendasi Kuliner Makanan dan Minuman Terenak dan Khas Singapura yang Digemari Wisatawan

Mulanya begitu banyak pendatang atau kaum migran yang berasal dari Cina, Eropa, dan India, sehingga cita rasa kuliner Singapura yang akrab dengan kita itu sesungguhnya adalah hasil perpaduan dari berbagai jenis makanan yang dibawa oleh kaum migran dari Cina, Eropa, dan India tersebut. 

Proses akulturasi atau percampuran budaya tersebut berjalan dengan baik sehingga menghasilkan beragam jenis makanan dari hasil persilangan lintas budaya tersebut. Kita akan mengupas tuntas mengenai makanan tradisional khas Singapura yang bercita rasa pedas asin ataupun pedas manis.

Yang terkenal dan menjadi icon Singapura adalah curry atau kari, laksa, dan juga Chili crab. Jenis makanan seperti kari, laksa, atau Chili crab ini banyak loh dijual di berbagai pelosok di Singapura, mulai dari kedai atau warung kecil yang ada di pinggir jalan, hingga restoran mewah restoran papan atas pun menjual ketiga jenis kuliner tradisional khas Singapura ini.

Walaupun kamu memiliki budget yang terbatas atau pun kamu mau menghemat wisata kuliner Singapura, kamu nggak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menikmati ketiga jenis makanan tersebut mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Disana juga banyak tersedia foodcourt yang menjual makanan, bisa makan di tempat atau dine in dan juga take away atau bawa pulang.

Selain kari, laksa, dan Chili crab, ada juga makanan lain yang menjadi terfavorit dan paling banyak diminati oleh para wisatawan yaitu calon anggota chao guotiao, fried seafood noodles atau mie seafood goreng, ada juga Hokkien fried mee, dan mee Hoon Kueh, nah rata-rata satu porsi makanan yang ada di foodcourt Singapura itu berkisar antara 2 dolar Singapura sampai dengan 5 dolar Singapura. Tentunya masih banyak jenis makanan atau kuliner lainnya yang ada namun pastikan kalian memperhatikan halal maupun non halal nya ya.

Jenis makanan yang terfavorit lainnya adalah Bak Kut Tei. Bak Kut Tei ini merupakan daging iga (non halal) yang berasal dari daging babi yang diolah dalam sup yang berkuah dengan campuran rempah-rempah serta rendaman daun teh berkualitas sehingga menghasilkan aroma yang khas menjadi selera makan kamu.

Selanjutnya ada laksa Singapura, nah mungkin kalian sudah tidak asing ya dengan jenis makanan mie satu ini. Laksa Singapura ini disajikan dalam bentuk kuah sup yang tentunya kental, terbuat dari kaldu ayam maupun kaldu udang, lengkap dengan bumbu santan kelapa dan bumbu bumbu khas lainnya, serta kalau kalian yang suka pedas kalian bisa menambahkan sambal.

Selain laksa ada juga kuliner tradisional Singapura yang masih menjadi tren makanan atau favorit di Singapura yaitu hainan chicken rice atau nasi ayam hainan khas Singapura. Nah kalau jenis makanan yang satu ini memang bisa kalian temui di hampir setiap foodcourt di seluruh wilayah Singapura. 

Jadi nasi ayam hainan ini itu merupakan nasi putih yang dimasak dengan kaldu ayam dan dinikmati hangat dalam sebuah mangkuk. Sebagai lauknya itu ada potongan daging ayam panggang atau kalian juga memilih irisan bebek dengan mentimun, lalu disiram dengan sejenis saus yang bercita rasa asin, bisa juga kalian menambahkan saus sambal atau saus jahe bawang putih yang sudah dicincang sebagai pelengkap sajian nasi ayam hainan. 

Satu porsi nasi ayam hainan ini biasa dibeli dengan harga antara 3 dolar Singapura sampai dengan 6 dolar Singapura tergantung pilihan topping yang ingin kalian beli ya.

Ada juga kuliner khas Singapura lainnya yang berbahan dasar nasi yaitu nasi lemak. Di Malaysia kita juga menjumpai nasi lemak ya, begitu pun dengan di Singapura. 

Nasi lemak di Singapura ini juga disajikan dengan telur rebus maupun irisan telur dadar atau suwiran ayam juga lengkap dengan mentimun ataupun kacang tanah goreng dan tambahan sambal sebagai pelengkap bagi kamu yang suka makanan pedas.

Selanjutnya untuk kamu yang suka makan daging nih, jangan sampai kamu melewatkan lezatnya sate Singapura. Mirip sih dengan sate yang ada di Indonesia dengan potongan-potongan daging berukuran dadu yang dipanggang diatas api arang, lalu disajikan dengan lumuran saus Kacang. 

Kalian juga bisa mencampurnya dengan saus maupun kecap manis, sebenarnya ada beberapa sate versi Singapura yaitu versi Chinese oriental yang menggunakan daging babi dan non halal ya. Kalau misalnya sate versi Melayu biasanya menggunakan daging ayam, daging sapi, dan juga kambing. Pertusuknya dijual dengan harga 0,4 Dollar Singapura sampai dengan 0,6 dolar Singapura.

Kemudian yang terakhir yaitu ada Shui Jiao Tang yang merupakan sajian berkuah seperti sup yang terbuat dari olahan daging sapi yang dicacah dan udang lalu dibungkus lembaran tepung berwarna putih yang tipis. Olahan satu ini biasa disajikan di dalam mangkuk dengan sup yang tentu saja terbuat dari bahan kaldu daging. Biasanya makanan ini cocok kalau kamu konsumsi untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan.

Untuk bisa mencicipi kuliner-kuliner khas Singapura tersebut kalian gak perlu susah-susah mencari karena hampir di setiap daerah di pusat kotanya terutama pusat kota Singapura banyak sekali yang menjajakan aneka kuliner, mulai dari cita rasa yang terbaik dengan harga yang begitu mahal sampai dengan yang standar. 

kalian bisa mendatangi atau mengunjungi daerah seputaran Central Bussiness District dan juga Orchard Road. Di sana kalian bisa berwisata kuliner sepuasnya ke berbagai tempat, ke berbagai kedai dari malam hingga ke pagi, atau sebaliknya. 

Daerah lain yang menjadi surganya kuliner para pelancong yaitu China Town dan Clarke Quay yang banyak sekali terdapat restoran di tepi aliran sungai. Kemudian ada juga Newton Circus Food Center atau Chomp Chomp Selangor Garden, disini kalian bisa menemui banyak penjual makanan yang menjajakan makanannya dengan harga yang low budget alias murah meriah namun dijamin lezat. Selamat berwisata kuliner di Singapura and happy eating. (Penulis: Rahmi Dwi Alyani).

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Kuliner Makanan dan Minuman Terenak dan Khas Singapura yang Digemari Wisatawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel