5 Tips Cara Agar Tidak Gugup dan Grogi Saat Seminar Proposal Skripsi Saat Presentasi

Hanalfa.com- Pada artikel ini tersedia 5 tips cara agar tidak gugup dan grogi saat seminar proposal skripsi saat presentasi. Hal ini bertujuan saat penyampaian gagasan penelitian kita dapat berjalan lancar dan dengan nilai yang baik dari dosen pembimbing 1 dan 2 serta pembahas.

Informasi ini pastinya akan sangat berguna terutama untuk mahasiswa jenjang tingkat akhir. Seminar proposal merupakan salah satu tahap awal yang harus dilalui dalam proses skripsi.
5 Tips Cara Agar Tidak Gugup dan Grogi Saat Seminar Proposal Skripsi Saat Presentasi
Setiap mahasiswa pastinya akan melalui beberapa proses sebelum mendapat gelar, salah satunya seminar proposal.Tidak jarang banyak para mahasiswa yang sering gemetaran atau gugup dan grogi ketika dihadapkan dengan situasi atau kondisi yang dihadiri oleh orang banyak.

Berikut cara agar menghilangkan rasa gugup atau grogi saat seminar proposal skripsi:

a. Kuasai materi yang diangkat menjadi penelitian

Penguasaan materi terhadap pokok pembahasan dalam proposal penelitian merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan jika seseorang menguasai materi tentu saja akan lebih tenang tanpa ada rasa takut tidak bisa menjawab ketika ditanya.

b. Latihan cara menyampaikan

Sebelum presentasi di depan, tentu saja harus membiasakan diri dengan latihan terlebih dahulu sebelum hari H. Dengan latihan tentu akan membantu penyaji lebih terbiasa dan santai saat penyampaian.

c. Yakin dengan kemampuan yang dimiliki

Yakin terlebih dahulu pada diri sendiri, tanamkan dalam diri bahwa kita mampu dan anggap diri kita lebih paham dibanding peserta yang hadir. Jangan terlalu banyak mengatakan tidak bisa dikarenakan jika diri kalian ragu maka kemungkinan besar juga cara penyampaiannya kurang maksimal.

d. Jangan lupa berdoa

Berdoa merupakan salah satu hal penting yang harus kalian ketahui karena setiap langkah yang kita lalui itu harus disempurnakan dengan doa. Serahkan pada Yang Maha Kuasa tentang semua hal, jika kalian sudah melakukan secara maksimal maka jangan lupa untuk berdoa meminta kelancaran dan kemudahan saat seminar proposal.

e. Jaga penampilan

Perlu kalian tahu bahwa penampilan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Jika penampilan kalian rapi, tentu akan menambah rasa percaya diri karena penampilan merupakan cerminan bahwa orang tersebut sudah siap melakukan seminar proposal.

Selesai sudah kami sajikan 5 tips cara agar tidak gugup dan grogi saat seminar proposal skripsi saat presentasi.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Cara Agar Tidak Gugup dan Grogi Saat Seminar Proposal Skripsi Saat Presentasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel