Iklan Header

3 Aplikasi Cara Perekam Layar Laptop dan Komputer

Aplikasi perekam layar atau screen recorder pada bukan hanya ada di ponsel pintar. Tetapi juga pada perangkat laptop dan komputer. Aplikasi ini digunakan untuk merekam aktivitas yang ada di layar. Cocok yang ingin tahu cara merakam layar laptop windows 7, windows 10, atau windows 8 bisa juga dipasang cara merekam layar laptop dengan suara, lalu cara merekam layar laptop asus. Begitu juga bisa untuk cara merekam layar komputer windows 7, 8 , atau 10 dan cara merekam layar komputer pakai suara.

Biasanya bermanfaat ketika ingin membuat tutorial di laptop dalam bentuk video. Selain itu, dapat pula merekam aktivitas dan riwayat penggunaan dalam aplikasi lain. Video ini akan merekam sebagai mana aslinya layar bekerja.
3 Aplikasi Cara Perekam Layar Laptop dan Komputer

Baca juga: Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint

Contoh manfaat lain dirasakan oleh para penggemar dunia gaming. Bermain game di laptop bisa direkam jalannya permainan dan disiarkan secara langsung. Namun, biasanya para gamers menyiarkan secara langsung permainan mereka melalui media sosial berbasis video, misalnya Youtube, Instagram live, Facebook gaming, dan sebagainya.

Berikut adalah 3 aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat perekam layar pada laptop dan komputer.

1. OBS studio

Pertama, merekam layar untuk kebutuhan broadcast menggunakan Open Broadcaster Software (OBS). Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para gamer yang akan menyiarkan secara langsung permainan mereka. Namun, bagi kalangan bukan gamer dapat pula memanfaatkan aplikasi ini untuk perekam layar (screen recorder).

Baca juga: Cara Aktifkan Tampilan Dark Mode Google Sheets, Docs, dan Slides Android

Cara menggunakan OBS studio akan dipandu mengatur konfigurasi ketika membuka aplikasinya. Sebelumnya download dan install OBS di PC/laptop. Untuk tutorial lengkap beserta gambarnya sudah ada banyak di internet. Ada yang berupa video ada pula yang berupa artikel.

2. Windows game bar

Kedua, ketika ingin merekam sebuah game, gunakan Windows game bar. Caranya dengan menekan tombol Windows + G pada keyboard. Sebelumnya buka aplikasi game terlebih dahulu.

Setelah menekan tombol Windows + G, maka akan muncul beberapa ikon pilihan perekam layar. Diantaranya menangkap tampilan layar dalam bentuk foto (screen capture), merekam layar beserta audio yang ada dalam bentuk akhir berupa video.

Baca juga: 3 Cara Membuat Dokumen PDF di Laptop

Selain itu, ada pula ikon untuk menyiarkan broadcast game yang sedang dimainkan. Windows game bar ini merupakan aplikasi bawaan yang otomatis ada pada windows 10. Jadi, bila laptop sudah Windows 10 dapat langsung menggunakannya.

3. Bandicam

Terakhir, aplikasi Bandicam juga dapat digunakan untuk merekam layar. Salah satu kelebihan Bandicam ini adalah ukurannya yang kecil. Sehingga, tidak memakan banyak ruang pada komputer dan laptop.

Cara menggunakannya cukup mudah. Awalnya, pengguna download dan instal dulu di laptop masing-masing. Berikutnya, ubah setiap pengaturan yang ada pada aplikasi sesuai yang dibutuhkan.

Diantaranya mengatur mode perekaman, kualitas video, hingga pengaturan folder tempat penyimpanan file video yang sudah jadi. Bila ingin lebih jelasnya, sudah banyak tutorial di Youtube mengenai cara menggunakan Bandicam ini. Supaya pengguna dapat langsung mempraktekkannya.

Itulah 3 aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat perekam layar pada laptop komputer. Ketiga aplikasi tersebut dapat kamu coba untuk kepentingan merekam layar.Supaya membantu yang membutuhkan untuk cara merakam layar laptop windows 7, windows 10, atau windows 8 bisa juga dipasang cara merekam layar laptop dengan suara, lalu cara merekam layar laptop asus. Begitu juga bisa untuk cara merekam layar komputer windows 7,8, atau 10 dan cara merekam layar komputer pakai suara. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "3 Aplikasi Cara Perekam Layar Laptop dan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel