Iklan Header

3 Cara Manfaatkan Bekas Buku Sekolah Tak Terpakai

Tumpukan buku semasa sekolah tentu banyak terdapat di rumah. Terlebih bagi sebuah rumah memiliki banyak anak sekolah. Buku-buku mulai dari buku pelajaran yang tebal, Lembar Kerja Siswa (LKS) yang lebih tipis, hingga buku tulis sewaktu sekolah banyak menumpuk.

Tak jarang para orang tua memillih untuk meloakkan buku-buku tersebut atau memberikan pada adik kelas sang anak. Padahal daripada diloakkan, lebih baik buku tersebut dimanaatkan sebagai hiasan atau prakarya di rumah.
3 Cara Manfaatkan Bekas Buku Sekolah Tak Terpakai

Baca juga: Terbaru, Logo Unila yang Benar PNG

Masa sekolah selama 12 tahun bahkan hingga perguruan tinggi tentunya mempelajari berbagai ilmu. Ilmu tersebut diperoleh salah satunya dari buku pelajaran. Oleh karena itu, setiap anak disarankan memilikinya. Akibatnya, selama 12 tahun pula buku terus bertambah dan tertumpuk.

Maka, harus mencari ide pemanfaatan buku bekas tak terpakai ini. Berikut adalah 3 cara manfaatkan tumpukan buku sekolah.

1. Dekorasi ruangan

Pemanfaatan yang pertama yaitu dengan menjadikan buku-buku sebagai dekorasi. Misalnya di ruang kamar, ruang belajar, hingga ruang keluarga. Pilihlah lemari atau rak buku yang cocok dan minimalis agar tidak banyak makan tempat pada ruangan. Sebab, fungsi utamanya ialah sebagai hiasan saja.

Baca juga: Slip UKT Mahasiswa Hilang, Inilah Cara Mengurusnya

Mulailah dari memilah mana ukuran buku dari yang kecil. Misalnya buku berupa kamus saku berukuran kecil dan komik dijadikan satu rumpun dan diletakkan dalam rak kecil di ruang keluarga. Maka, selain dapat mendekorasi ruangan, buku ini juga dapat menemani waktu bersantai.

2. Perpustakaan mini

Kedua, buku pelajaran sekolah juga dapat dikumpulkan menjadi sebuah perpustakaan mini. Sediakan ruangan khusus untuk perpustakaan ini. atau bisa juga dengan mengkreasikan rak-rak memanjang yang menempel di dinding.

Kelompokkan buku mulai dari tingkat bawah, misalnya kelas 1 SD hingga tingkat SMA. Susun dan beri label layaknya perpustakaan sungguhan. Supaya ketika ada yang ingin mencari buku, dapat menemukan dengan mudah sesuai kebutuhannya.

Baca juga: Cara Mengurus KTM Unila Hilang

Selain itu, ruangan perpustakaan mini ini juga dapat menjadi ruang baca bagi anak-anak atau para tetangga yang membutuhkan buku. Siapa tau mereka juga memiliki tumpukan buku yang dapat menambah koleksi di perpustakaan mini ini.

3. Hiasan dinding

Terakhir, tumpukan buku dapat menjadi hiasan dinding yang cantik. Caranya dengan memadukan bersama bingkai, tali tambang hias, atau lampu tumbler favorit remaja zaman sekarang.

Susun buku dalam rak minimalis yang biasanya hanya berupa sebuah papan atau lempengan besi. Buku-buku yang cocok menjadi hiasan dinding ini diantaranya berupa novel-novel terbitan lama yang kertasnya sudah mulai menguning dan terlihat antik. Lalu, dapat pula buku dengan sampul yang khas dan tebal (hard cover).

Itulah 3 cara manfaatkan tumpukan buku sekolah tak terpakai. Cara ini selain dapat menjadi alternatif mendekorasi rumah, dapat pula menarik minat baca. Sebab, buku dipercantik dan diletakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Manfaatkan Bekas Buku Sekolah Tak Terpakai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel