Iklan Header

Sulit Tidur, 4 Tips Cara Cepat Tidur di Malam Hari

Kebiasaan begadang yang dilakukan oleh banyak orang dapat menjadi penyebab sulit tidur. Misalnya orang yang sering melakukan pekerjaan di malam hari atau bekerja di shift malam. Kebiasaan yang dilakukan terus menerus ini tidak baik bagi waktu tidur. Sebab, kebutuhan tidur di malam tidak dapat diganti waktunya.

Meski sudah tidak melakukan aktivitas di malam hari, banyak orang tetap sulit tidur. Sebab, sudah telanjur terbiasa begadang sebelumnya. Oleh karena itu, perlu diperbaiki pola tidurnya supaya lebih berkualitas.
Sulit Tidur, 4 Tips Cara Cepat Tidur di Malam Hari

Baca juga: Slip UKT Mahasiswa Hilang, Inilah Cara Mengurusnya

Selain baik bagi kebugaran tubuh, tidur yang cukup dan berkualitas juga akan menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satunya menjadi lebih fokus karena kebutuhan tidur yang tercukupi.

Bagi yang memiliki gangguan kesulitan tidur karena kebiasaan begadang, penulis memiliki 4 tips yang dapat dicoba. Berikut adalah ulasannya.


1. Konsisten dengan jadwal tidur

Pertama, orang yang ingin tidurnya teratur dan berkualitas harus konsisten dengan jadwal tidur mereka. Awali dengan membuat jadwal tidur di malam hari beserta perkiraan waktu bangun.

Baca juga: Cara Mengurus KTM Unila Hilang

Misalnya biasanya begadang tidur pukul 11 malam, mulailah mengatur lebih awal pukul 10 malam. Lakukan dengan konsisten jadwal tidur ini supaya tubuh menjadi terbiasa. Kebiasaan begadang pun akan tergantikan dengan kebiasaan tidur teratur. Lambat laun tubuh akan otomatis butuh tidur sesuai jadwal.

2. Memilih tempat tidur yang nyaman

Kedua, pastikan tempat tidur yang nyaman. Kebiasaan begadang biasanya ditemani dengan setumpuk pekerjaan dan tugas kuliah. Tak jarang tumpukan barang-barang ini berada di kasur tempat untuk beristirahat. Akibatnya kasur menjadi kurang nyaman untuk ditiduri.

Baca juga: Terbaru, Logo Unila yang Benar PNG

Membedakan ruang bekerja dan ruang istirahat atau tidur adalah hal yang cukup penting. Sebab, hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Ketika tidur, pergerakan tubuh juga harus bebas dan jangan terbatasi ruang sempit atau barang-barang.

3. Menghindari aktivitas berat sebelum tidur

Berikutnya, hindari aktivitas berat sebelum tidur. Supaya tubuh dapat beristirahat dengan tenang tanpa beban pikiran berlebih.

Misalnya mahasiswa yang kerap begadang mengerjakan tugas. Sudahi tugas tersebut beberapa saat sebelum beristirahat seperti 30 menit sebelum memejamkan mata. Para pegawai yang bekerja hingga larut malam juga sebaiknya menyudahi pekerjaannya sesaat sebelum tidur.

4. Menggunakan lampu redup agar lebih nyenyak

Terakhir, gunakan lampu yang redup ketika beristirahat. Lampu ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebab, lampu yang cenderung terang dikatakan para ahli tidak baik digunakan ketika tidur.

Namun, hal ini juga menyangkut kebiasaan tiap-tiap orang. Misalnya ada yang sejak kecil sudah terbiasa tidur dengan lampu menyala terang, maka sebaiknya tetap dipertahankan. Begitu pula sebaliknya bagi orang yang sudah terbiasa tidur mematikan lampu.

Itulah 4 tips cara cepat tidur di malam hari. Supaya dapat mengatasi sulit tidur karena kebiasaan begadang. Dapat dicoba agar kualitas tidur dapat menjadi lebih baik dan tubuh lebih sehat serta bugar. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "Sulit Tidur, 4 Tips Cara Cepat Tidur di Malam Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel