Iklan Header

Cara Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di MS Word Otomatis

hanalfa.com: Bagi pengguna Microsoft Word terdapat fitur untuk cara mencari kata di Word 2007,2010, 2013. Lalu bisa juga cara mencari kalimat di  Word. Fitur ini juga bisa cara mengganti kata di word secara otomatis. Lalu, juga dapat mencari kata yang sering muncul di word serta cara replace di Word. Kedua fitur itu terkenal namanya Find and Replace

Dalam membuat sebuah tulisan di Microsoft Word tentunya kita pernah menulis kata atau kalimat yang sama berulang-ulang dengan penggunaan huruf kapital atau penulisannya yang salah. Hal ini akan membuat pekerjaan kita lebih lama apabila kita mengganti dan mencari kata atau kalimat tersebut satu persatu.
Cara Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di MS Word Otomatis

Namun dengan memanfaatkan penggunaan fitur mencari kata atau kalimat di Word dapat  membuat pekerjaan kita lebih efektif dan tidak akan kata yang terselip untuk diperbaharui. Inilah langkah-langkahnya mencari kata atau kalimat di word dengan otomatis adalah sebagai berikut. Supaya bisa mengecek dan mengganti (replace) sebuah kata atau kalimat:

1. Buka Dokumen yang akan diubah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen yang akan diubah. Apabila dokumen anda berasal dari email, atau dikirim melalui media sosial seperti Whatsapp untuk disimpan terlebih dahulu ke dalam folder laptop atau Hp yang akan digunakan.

2. Membuka Kotak dialog ctrl+H”

Langkah berikutnya adalah membuka kotak dialog dengan menekan “ctrl+h” secara bersamaan. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog berisi opsi find, replace, go to. Pilih replace.

3. Masukkan kata yang ingin dicari

Selanjutnya  ketik di dalam kolom “find what” kata yang ingin dicari. Pastikan huruf, tanda baca atau huruf kapital sesuai dengan kata yang ingin anda cari

4. Masukkan kata yang ingin di ubah 

Langkah berikutnya adalah menekan replace with, dan memasukkan kata yang akan diubah atau sesuai kata yang akan anda gunakan bisa berupa kata, frasa atau kalimat.

5. Tekan replace

Langkah yang terakhir adalah menekan replace. Anda dapat mengubah semua kata dengan memilih “replace all” atau satu kata “replace”. maka kata yang anda akan rubah telah berganti ke kata yang sudah diperbaharui.

Penggunaan “ctrl+h” juga dapat digunakan untuk mencari kata yang sama dengan menggunakan find dan go to, hanya tinggal mengganti replace dengan opsi find atau go to. Penggunaan “ctrl+” tentunya akan sangat membantu dalam pekerjaan lebih efektif ketika kita bisa menguasai dan memahaminya.

Tentu menulis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word dewasa ini memang begitu banyak digunakan. Bukan hanya untuk para pekerja kantoran, melainkan mahasiswa, pelajar dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas juga sangat sering menggunakan aplikasi yang satu ini.

Rasanya tidak ada satu pekerjaan pun yang tidak membutuhkan MS Word, sehingga aplikasi yang satu ini menjadi kebutuhan aplikasi yang tidak bisa dipisahkan dari jenis pekerjaan yang ada. Fungsi dari aplikasi MS Word sendiri sangat beragam mulai dari pembuatan surat menyurat, dokumen-dokumen penting seperti proposal, penelitian dan karya tulis hingga menjadi sebuah catatan penting yang disimpan dan dapat dibuka sewaktu waktu.

Pada era modern saat ini Ms Word penggunaannya tidak hanya terbatas pada komputer saja melainkan juga sudah bisa digunakan pada smartphone baik untuk Android maupun Ios. Akibat itu fungsinya menjadi lebih banyak lagi dan lebih efisien ketimbang harus membawa laptop atau notebook kemana-mana untuk membuka file word.

Baca juga: Cara Menghilangkan Background Gambar Foto di MS Word

Semakin berkembangnya zaman tentunya membuat penggunaan Ms Word mengalami banyak perbaikan dan penambahan fitur. Terlebih fungsinya yang sangat penting dalam pembuatan berkas dan dokumen-dokumen membuat pengembang aplikasi ini terus melakukan pembaharuan baik dalam tampilan dan juga sistemnya agar aplikasi yang satu ini tidak dikalahkan oleh aplikasi serupa dan masih menjadi pilihan utama dalam pembuatan berkas yang kaitannya dengan penulisan.

Saat ini Pengguna Ms Word sendiri ikut terbantu dalam pembuatan dokumen yang lebih praktis, seperti menambahkan “backspase” untuk menghapus. Lalu juga fitur ”ctrl+” yang dikombinasikan dengan beberapa kode untuk membuat penulisan lebih efektif ketika digunakan.

Baca juga: Cara Menulis Nama Pada Sertifikat Kosong di Word

Tentunya hal ini berbeda sekali dengan zaman dahulu yang harus menggunakan mesin tik dengan tidak memiliki kecanggihan seperti yang disebutkan tersebut. Penggunaan kode kode seperti “ctrl+c” atau “ctrl+v” sudah menjadi hal lumrah dalam hal meng copy dan mempaste sebuah dokumen atau bagian kata yang ingin disalin.

Meskipun demikian, dari banyaknya opsi penggunaan ctrl kombinasi masih banyak orang yang belum mengetahui  tentang penggunaan kode kode ini. Hal ini sangat disayangkan mengingat penggunaan “ctrl+” dapat membantu kita dalam banyak hal dan mengefektifkan dalam pembuatan dokumen-dokumen.

Nah itulah penjaelasan cara mencari kata atau kalimat dalam Word 2007,2010, 2013, dan lainnya. Pengguna dapat mengganti (replace) kata di dalamnya (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di MS Word Otomatis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel