Iklan Header

Contoh dan Cara Buat Cover Letter Agar Diterima Lamaran

hanalfa.com: Contoh cover letter menjadi panduan untuk membuatnya. Cara buat cover leter fres graduate, email, doc, Ruang Guru, dan untuk perawat. Ada dua bahasa yang digunakan dalam buat Cover Letter, yakni berbahasa Indonesia dan Asing (Inggris). Cover Letter juga tentu ada perbedaan dengan surat lamaran dan Cuciruculum Vittae (CV)

Sebelum masuk contoh dan cara buat Cover Letter. Cover Letter adalah  sebuah dokumen penting dalam tahap melamar kerja. Cover Letter sendiri biasa disebut surat lamaran kerja.  
Contoh dan Cara Buat Cover Letter Agar Diterima Lamaran

Selain CV, Cover Letter adalah dokumen yang biasanya menjadi sarat lamaran kerja. Beberapa orang biasanya membuat sebuah Cover Letter dengan informasi yang mengulang isian dari Cv nya sendiri. 

Hal ini tentunya adalah sebuah masalah mengingat, kepala perusahaan atau HRD yang biasanya memilih kandidat para pelamar kerja. Tentunya HRD sudah membaca informasi dari CV yang anda berikan, sehingga pengulangan informasi dalam CV anda yang dimasukkan kembali kedalam Cover letter telah menyianyiakan ruang untuk anda menunjukkan siapa diri anda yang akan bergabung dengan perusahaan. 


Tahap sebelum memahami contoh dan cara membuat Cover Letter fres graduate, perawat, doc, ruang guru, dan lainnya. Sebaiknya, agar  dapat membedakan CV dan juga Cover Letter anda perlu memahami hal-hal di bawah ini.


1. Tujuan Dari Cover Letter 

Cover Letter adalah informasi baru yang terlalu panjang dan mendetail sehingga tidak bisa kamu masukkan ke dalam sebuah CV. Tujuan dari pembuatan Cover Letter adalah lebih mendeskripsikan apa poin penting kenapa perusahaan harus menerima. Lalu juga dapat mempertegas kembali poin-poin dalam Cvmu untuk menguatkan pandanganmu.

2. Isi Dalam CV tak Perlu ditulis Ulang

CV dan Cover Letter itu berbeda, sehingga isi didalam dua dokumen tersebut juga haruslah berbeda. Kesempatan seorang pelamar kerja untuk diterima disebuah perusahaan tentunya menyesuaikan kapasitas dan jumlah posisi yang diminta dari tiap perusahaan. 

Apabila perusahaannya besar maka akan besar pula saingan untuk memperebutkan posisi di perusahaan tersebut. Dengan membuat isi dari CV dan Cover Letter sama anda telah sedikit banyak menyianyiakan kesempatan, sedangkan bisa jadi penilaian terbesar anda hanya dari sana. 

Buatlah isian di daalam Cover Letter lebih ke banyak pandangan anda, bukan hal-hal yang berupa penyebutan seperti di CV. Cover Letter bisa anda isi dengan pandanganmu terhadap perusahaan, bagaimana visimu kedepan dan bagaimana sikap dan kepribadianmu akan cocok terhadap perusahaan yang dia miliki. 


Contohnya ketika kamu ingin bekerja di posisi sebagai editor. Kamu bisa menunjukkan bagaimana pandanganmu terhadap gaya kepenullisan novel pada era terbaru saat ini.

3. Menulis dengan Efektif.

Buatlah isi Cover lettermu bermakna, bukan berisi untaian kata-kata panjang lebar yang tidak berisi. Buatlah tulisan yang padat dan jelas, menulikan hal-hal yang penting saja termasuk keputusan yang bijaksana.

Jangan buat orang lain bosan membaca tulisanmu. Buatlah beberapa paragraf 3 paragraf  atau setengah halaman saja sudah cukup.

4. Membuat Cover Letter sesuai Informasi yang ada 

Buatlah sebuah Cover letter dengan mempertimbangkan informasi yang sudah kamu terima. Kamu tidak perlu menuliskan posisi yang kamu inginkan apabila pada brosur lamaran yang kamu buat informasi tersebut telah dicantumkan. 

Menyebutkan nama diawal pembuka surat juga tidak diperlukan mengingat biasanya CV selalu berdampingan dengan Cover Letter, kalau perusahaan sudah sampai pada tahap membaca Cover Letter yang kamu buat berarti perusaan sudah secara jelas mengetahui namamu, apalahgi jika yang kamu daftarkan adalah situs online yang diharuskan terlebih dahulu membuat akun namamu pasti sudah tertulis jelas pada profilnya.

5. Memberikan Kesimpulan Penegasan

Membuat kalimat kesimpulan penegasan biasanya berupa bagaimana kamu menegaskan kembali pandanganmu terhadap ketertarikanmu pada posisi dan perusahaan yang akan menjadi tempatmu bekerja. Usahakan kalimat tidak panjang-panjang supaya penjelasanmu fokus dan terarah. 

Membuat CV dan Cover Letter merupakan komponen penting dalam melamar sebuah pekerjaan sebelum sampai ke tahap interview. Mengemas CV dan Cover Letter yang menarik tentunya akan menjadi poin lebih di anntara kamu dan banyak pelamar lainnya. Terus fokus dan disiplin juga merupakan kunci diterimanya seseorang dalam melamar kerja.

Nah itulah contoh cover letter menjadi panduan untuk membuatnya. Serta sudah penjelasan tentang cara buat cover leter fres graduate, email, doc, Ruang Guru, dan untuk perawat. Hal pentingnya ladi ada dua bahasa yang digunakan dalam buat Cover Letter, yakni berbahasa Indonesia dan Asing (Inggris). Cover Letter juga tentu ada perbedaan dengan surat lamaran dan Cuciruculum Vittae (CV) (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Contoh dan Cara Buat Cover Letter Agar Diterima Lamaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel