6 Ide Kerajinan Berbahan Kanvas Lukis

hanalfa.com: Manfaat kain kanvas ternyata cukup beragam. Bukan hanya untuk berkarya melalui seni lukis, tetapi juga dimanfaatkan dalam peralatan rumah sehari-hari. Nah ini ada 6 ide kerajinan berbahan kanvas lukis

Kain kanvas yang dapat dimanfaatkan untuk peralatan rumah terdiri atas beberapa jenis. Inilah jenis-jenis kain kavas, yaitu kanvas lkal kanvas premium, kanvas blacu dan sebagainya. Macam-macam jenis tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan.
6 Ide Kerajinan Berbahan Kanvas Lukis
Lalu apa saja manfaat kain kanvas selain untuk melukis?  Berikut adalah 6 ide kerajinan berbahan kanvas lukis:

1. Tas

Barang pertama yang cocok menggunakan bahan kain kanvas adalah tas. Telah banyak tersedia berbagai model tas yang memanfaatkan bahan baku dari kain kanvas ini. mulai dari tas bermodel ransel, tas jinjing, sling bag, hingga tas untuk keperluan belanja berukuran besar. 

Cara membuat tas berbahan kain kanvas ini disarankan menggunakan mesin jahit. Sebab, supaya tidak mudah sobek ketika digunakan. Selain itu, supaya lebih rapi dan cepat pengerjaannya. 

2. Pouch

Kedua adalah pouch atau dompet atau kotak pensil. Barang ini cukup digemari karna praktis dibawa kemana pun. Selain itu, fungsinya juga dapat sesuai kebuuham, misalnya dalam satu tas berisi pouch khusus kosmetik, pouch khusus kacamata, pouch khusus alat tulis, dan sebagainya. 
Kain kanvas juga dapat menjadi bahan yang bagus untuk pembuatan pouch ini. Terlebih ada beragam motif lucu dan unik pada kain yang bisa dipadu padankan.

3. Sarung Bantal

Barang ketiga yaitu sarung bantal. Sarung bantal yang dimaksud dalam hal ini adalah yang dipajang di kursi atau sofa rumah, bukan untuk diletakkan di kasur sebagai bantal tidur. namun apabila ingin menggunakannya untuk bantal tidur tentu juga boleh. 

Pilihlah motif bantal yang sesuai dengan furniture yang ada di ruangan. Agar terlihat perpaduan yang apik. Berikutnya, pilih juga pola bantal yang sesuai.
 
Kelebihan menggunakan kain kanvas dan membuatnya sendiri untuk sarung bantal ini adalah lebih ekonomis. Harga sarung bantal kanvas bisa dibilang cukup mahal, terlebih bila dijual di gerai-gerai khusus yang sudah ternama. 

4. Taplak Meja

Berikutnya yaitu talak meja. Hampir semua jenis kain dapat dimanfaatkan untuk kreasi barang satu ini, termasuk kain kanvas. Cara membuatnya pun mudah, tinggal potong kain sesuai ukuran meja, lalu beri aksen misalnya renda atau kancing baju.


Bagi yang memiliki mesin jahit atau obras, maka bisa merapikan pinggiran kain dengan mesin. Namun bila tidak memiliki keduanya, maka dapat dijahit dengan tangan seperti halnya mejahit bawahan rok (jahit sum).

5. Sepatu

Sepatu kanvas sudah ngetren sejak lama. Bahkan para seniman lukis mulai menjadikan sepatu ini sebagai media berkarya mereka. Memanfaatkan kain kanvas untuk dijadikan sepatu tentu hal yang kreatif. 

6. Hiasan Dinding

Terakhir, hiasan dinding dari kain kanvas. Hiasan dinding yang biasanya dibuat dari sulaman, bingkai, atau ornament lain, kini juga dapat dibuat memakain bahan baku kain kanvas. Caranya dengan memanfaatkan motif-motif yang ada, lalu memotongnya, kamudian mengombinasikan dengan motif lain. Manfaatkan juga bila ada kain perca (sisa) dari pembuatan barang berbahan kain kanvas lain seperti di atas. 

Itulah 6 ide kerajinan berbahan kanvas lukis. Tentunya dapat menjadi referensi dan melatih kreatifitas. Bonusnya, lebih hemat dan ekonomis (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk " 6 Ide Kerajinan Berbahan Kanvas Lukis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel