Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

hanalfa.com: Cara membuat filter karya sendiri di Instagram tentu hal yang mudah. Supaya menjadi unik dan ciri khas sendiri itu milik kalian.

Kemunculan Filter Instagram baru-baru ini sangat populer dikalangan remaja-remaja milenal. Bukan hanya anak muda bahkan tidak sedikit orang tua dan juga anak-anak menggunakan filter di Instagram untuk ber swafoto mengupdatenya pada Story di Instagram. Belum lagi pilihan filternya yang sangat banyak dan lucu-lucu. 
Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Kini filter instagram sudah biasa dibuat sendiri oleh penggunanya, sehingga pilihan filter makin banyak dan variatif. Awalnya Filter Instagram ini hanya dibuat oleh pengembang di Instagram saja. 

Namun saat ini filter di Instagram juga sudah bisa kita kreasikan sendiri dan cara membuatnya juga cukup mudah dan simpel. Inilah cara membuat filter karya sendiri di Instagram adalah sebagai berikut:
 

1. Download spark AR studio

Aplikasi yang satu ini dapat anda download terlebih dahulu untuk membuat filter di Instagram. Buka Browser pada Laptop/ Pc Kemudian download Spark AR Studio, install dan tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai. 

Sebelum membuat filter pastikan anda telah terlebih dahulu menyimpan banyak gambar untuk digunakan sebagai filter yang anda buat, misal jika ingin ada filter ikan maka terlebih dahulu kumpulkan gambar ikan dengan format PNG. 

2. Login Ke Spark AR Studio

Langkah berikutnya adalah dengan login ke dalam Spark AR Studio. Anda dapat login dengan menggunakan akun Facebook anda yang juga tersambung denganakun Instagram anda, proses ini untuk mempermudah nantinya filter akan dibagikan ke Instagram.

3. Create project

Setelah aplikasi terbuka klik “create project” untuk membuat proyek baru dengan Spark AR Studio.

4. Scene dan add object

Selanjutnya pilih scene dan add object yang berada pada bagian atas sebelah kiri tampilan layar utama.

5. Face tracker

Kemudian klik opsi face tracker pada bagian kolom sebelah kiri layar nomor urut pertama dari opsi lainnya. Face Tracker berfungsi nantinya sebagai alat untuk mengatur tata letak wajah/ mendeteksi.

6. Insert

Langkah selanjutnya adalah memilih menu insert yang berada pada pojok kanan bawah layar setelah anda mengklik face tracker.

7.  Face tracker0

Setelah melakukan tahap no 6 kamu akan meliha sebuah objek baru Face Tracker0, klik kanan pada object tersebut kemudian pilih add dan lanjutkan dengan face mesh sebagai alat untuk membuat efek 3D pada filter anda.

8. Tambahkan gambar pada fes mesh0

Seperti langkah sebelumnya maka akan muncul fes mesh0 yang ada pada bagian scene dari tampilan anda kemudian masukkan gambar yang tadi telah anda siapkan.

9. Inspector 

Pada Tampilan menu, beralihlah ke inspector kemudian klik menu marterial dan akan muncul tanda + untuk menambahkan, dan akan muncul asset baru material0 kemudian klik. 


Pada bagian kolom tersebut anda bisa mengganti shader Type menjadi Face paint dan lanjutkan dengan memilih opsi choose file yang ada di bagian texture. Setelah itu anda bisa memasukkan gambar kembali (kali ini gambar yang dipilih adalah gambar untuk tampilan muka) .

10. Send to apps

Langkah terakhir adalah send dan send to apps, untuk mengirimkan filter yang telah dibuat pada Instagram.


Tunggu proses hingga selesai, apabila filter yang telah dibuat bisa digunakan maka anda akan mendapatkan pemberitahuan pada ponsel anda. Menggunakan apikasi Studio AR sebanarnya mudah hanya ada beberapa tools atau opsi yang perlu anda rubah sesuai keperluan anda. Opsi ini bisa anda pakai untuk membuat filter yang mengubah wajah saja, warna daerah saja, atau tambahan ikon pada wajah atau mungkin ketiganya sekaligus di dalam satu filter. Bergantung pilihan dan kreasi yang anda lakukan. 

Filter yang anda buat saat ini hanya bisa dipakai untuk anda sendiri. Namun, Anda bisa membuat orang lain juga menggunakan filter ini dengan terlebih dahulu mengunggahnya pada Spark AR hub, jika dirasa layak maka filter anda dapat digunakan juga oleh banyak orang.

Nah itulah proses cara membuat filter instagram sendiri. Tentu saja membuat konten menjadi unik, kreatif, dan tidak pasaran karena filter instagramnya cuman kalian yang memakainnya (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Filter Instagram Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel