Cara Menggunakan Turnitin Buat Cek Plagiat Artikel dan Skripsi

hanalfa.com: Cara menggunakan Turnitin itu wajib bisa mengoperasikannya. Sebab untuk mengecek plagirisme sebuah artikel dan bisa juga buat cek plagiat skripsi dan makalah mahasiswa. 

Turnitin adalah sebuah website yang biasa digunakan untuk mengecek plagiarisme sebuah artikell, makalah maupun skripsi. Berdasarkan fungsinya tersebut, turnitin sendiri sering dipakai oleh guru-guru maupun dosen perguruan tinggi untuk mengecek pekerjaan siswa maupun mahasiswanya ketika ada tugas untuk mengerjakan sebuah penelitian, baik itu makalah maupun sebuah artikel. 
Cara Menggunakan Turnitin Buat Cek Plagiat Artikel dan Skripsi
Sebenarnya penngoperasian turnitin bisa dikatakan mudah, namun adakalanya ketika kita baru pertama kali menggunakan turnitin ini kita kesulitan dalam mengoperasikannya, karena banyak setting yang perlu di atur sebelum menggunakan turnitin. Selain bagi dosen dan guru sebenarnya turnitin ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa maupun siswa untuk mengecek pekerjaannya terlebih dahulu sebelum diserahkan. 

Hal ini akan memberikan keuntungan pekerjaan yang kita buat tidak dianggap plagiarisme. Karena pekerjaan yang dianggap plagiarisme tidak akan mendapatkan poin.

Cara mengecek sebuah artikel, makalah, skripsi dan lainnya menggunakan turnitin. Nah inilah cara menggunakan Turnitin sebagai berikut.

1. Masuk ke Situs 

Langkah yang pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs turnitin, yaitu https://www.turnitin.com/. Kemudian akan muncul tampilan layar utama situs turnitin. 

2. Login/ Buat Akun

Langkah berikutnya adalah masuk ke akun anda. Pada tampilan layar utma saat turnitin terbuka, akan muncul kotak dialog untuk memasukkan username dan juga pasword. Masukkan username anda yang berupa alamat email dan juga pasword di kolom pasword. 


Jika anda adalah pengguna baru maka anda harus membuat akun terlebih dahulu. Klik new user yang berada pada bawah kolom login, lalu masukkan email yang akan anda gunakan sebagai username, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan pasword berupa kombinasi huruf dan angka. Anda akan diminta memverifikasi akun pada kotak masuk email, akun anda berhasil dibuat. 

3. Mengganti Admin Studen Menjadi Instructor

Penggantian opsi ini berfungsi untuk membedakan jenis pekerjaan atau proyek yang akan dinilai. Pada tampilan yang akan muncul setelah login, temukan ada panel bagian atas pilih opsi student. Kemudian klik dan ganti menjadi instrustor. 

4. Masuk Class Name Instructor

Setelah mengganti menjadi instructor maka tampilan akan kembalin berubah, klik pada bagian atas awal nama user yang anda buat (class name instructor) misal user anda Ardy, maka akan muncul pada bagian atas layar ribbon nama ardy. 

5. Melakukan Setting

Langkah selanjutnya adalah mengatur (setting), setelah anda klik class name instructor maka kemudian untuk memeriksa artikel anda harus melakukan setting terlebih dahulu. Tampilan layar akan berubah berapa artikel yang sudah anda buat, keterangan artikel lain tanggal dan sebagainya dan ini harus diatur. 

Caranya, yaitu klik more action di panel paling sebelah kanan, lalu klik edit setting. Setelah anda mengklik edit setting maka tampilan kembali berubah ke kolom kolom yang mesti anda atur seperti cara ini. assigment title( PC), poin value (0). 

Kemudian bagian bawah (allow only file types that turnitin can check for similliary) tanggal pembuatan (isi dengan tanggal anda akan menilai), batas waktu (kapan terkahir) dan post (kapan akan dipublikasikan) kemudian pertanyaan yang hanya perlu dijawab yes dan no. 

Untuk pertanyaan pertama yang memerlukan jawaban yes/no pilih (no), selanjutnya pertanyaan ke dua sampai terakhir (yes) percentase (1), submit paper(no repository), search option  (dicentang semua) dan bagian akhir (create a rubric), kemudian simpan.

6. Memilih Menu Submit

Pada bagian menu klik menu submit pada laman sebelumnya, kemudian sesuaikan dengan pilihan anda apabila akan menilai artikel satu persatu pilih single file upload kemudian mengisi kolom data diri dan lanjutkan dengan memilih file (choose file) dan upload tunggu hingga pemeriksaan selesai dan data akan keluar. 

Penggunaan Turnitin bisa digunakan untuk menilai plagiarisme dari sebuah artikel yang sudah dikerjakan, setelah anda selesai mengupload maka adata akan muncul berapa besaran original dan berapa besaran yang plagiarisme biasanya ditandai dengan warna merah. Anda juga dapat mendownload hasilnya dan juga mengupload kembali atau membagikannya pada opsi di bawah. 

Itulah penjelasan cara menggunakan Turnitin semoga bisa mengoperasikannya. Jadi mudah untuk mengecek plagirisme atau plagiat sebuah artikel dan bisa juga buat cek plagiat skripsi dan makalah mahasiswa (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Menggunakan Turnitin Buat Cek Plagiat Artikel dan Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel