Cara Membuat Daftar Isi di MS Word Secara Otomatis

hanalfa.com: Cara membuat daftar isi di Microsoft Word (MS Word) secara otomatis punya tips dan triknya. Dapat dilakukan di Microsoft Word 2007, 2013, 2010, 2016 yang dapat di lakukan di Laptop atau PC.

Siapa yang pernah membuat sebuah makalah penelitian, selain harus menggunakan ejaan yang benar, pemakaian kata di MS Word yang tepat tentunya harus teliti ketika membuat sebuah daftar isi. Karena Daftar Isi merupakan kunci penting untuk menunjukkan nomor halaman yang akan kita temukan di makalah yang kita buat. 
Cara Membuat Daftar Isi di MS Word Secara Otomatis
Namun sayangnya banyak dari kita yang merasa kesukitan dalam membuat sebuah daftar isi, selain haruus berulang-ulang membuka makalah yang dibuat, mengecek nomor tiap halaman kemudian memeriksa kembali kalau ada judul penting yang terlewat. 

Belum lagi jika makalah yang kita buat direvisi tentunya penomoran di daftar isipun harus diganti juga agar sesuai dengan nomor halaman yang telah direvisi. Hal inilah yang biasanya membuat seseorang malas dalam mengerjakan sebuah daftar isi. 

Padahal sebenarnya ada cara mudah untuk membuat daftar isi secara otomatis tanpa perlu bolak balik mengatur halaman.  Dengan menggunakan cara ini judul dan sub judul dari halaman di dalam makalah akan otomatis menjadi isi di daftar isi berikut nomor halamannya di Microsoft Word (MS Word) 2007, 2013, 2010, 2016. 

Cara mudah membuat daftar isi di MS Word secara otomatis adalah sebagai berikut:

1. Membuka MS Word

Langkah yang pertama adalah dengan membuka MS word pada PC/ laptopmu, sebenarnya langkah ini juga bisa dilakukan pada smartphone yang sudah mendownload terlebih dahulu aplikasi MS Word, hanya saja lebih direkomendasikan menggunakan computer atau Laptop anda mengingat fitur dismartphone tentunya terbatas dari pada di Laptop atau computer. 


2. Membuat Dokumen Baru 

Langkah berikutnya adalah dengan membuat dokumen baru, klik ikon MS word pada pojok kiri paling atas kemudian klik new untuk menambahkan dokumen baru. 

3. Pilih Opsi References

Kemudian pada tab bagian atas ada beberapa sub seperti home, insert page layout, references, mailing, review dan view. Kemudian pilih references hingga muncul tambahan banyak opsi lainnya. 

4. Klik Table of Content (Daftar Isi)

Lalu pilih table of content pada tab yang terbuka setelah mengklik references, opsi ini erada pada tab atas paling pojok sebelah kiri. 

5. Memilih Model Daftar Isi 

Langkaah yang terakhir adalah memilih model dari daftar isi yang kamu buat. MS Word akan menampilkan beberapa alternatif bentuk dari daftar isi, kamu bebas memilih dan pastikan sesuaikan dengan kebutuhan makalahmu. 


Setelah memilih model maka tampilan dokumen yang semula kosong akan berubah menjadi table of content ( daftar isi) yang kamu pilih, termasuk didalamnya juga sub judul dan juga nomor halamannya sehingga kamu tidak perlu mengetiknya satu persatu secara manual.

Kebanyakan orang membuat daftar isi tanpa mengetahui ilmunya, hal ini membuat pekerjaan malah menjadi lebih sulit. Langkah membuat daftar isi melalui aplikasi MS Word ini dapat dicoba dan juga mudah untuk diterapkan. 

Selain itu dengan menggunakan langkah ini kesalahan dalam penomoran halaman dapat teratasi karena nomor halaman dibuat secara otomatis oleh sistem menyesuaikan dari makalah yang telah kamu buat. 

Pastikan kamu menerapkan langkah ini satu file (tidak tercecer antara file satu dan lainnya) sehinngga opsi ini dapat digunakan dengan baik. Kamu biasa menambahkan dokumen kosong di awal makalah atau diakhir bisa juga ditengah (sesuai urutan makalahmu). 

Nah itulah penjelasan cara membuat daftar isi di Microsoft Word (MS Word) secara otomatis. Dapat dilakukan di Microsoft Word 2007, 2013, 2010, 2016 yang dapat di lakukan di Laptop atau PC (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Membuat Daftar Isi di MS Word Secara Otomatis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel