Iklan Header

Cara Mengetik dengan Suara di MS Word

hanalfa.com: Cara mengetik dengan suara di Microsoft Word 2013, 2010,2007 supaya lebih cepat. Tentu ada cara mengetik otomatis di Word melalui suara (Voice Typing). Supaya hasilnya menulis yang seharusnya mengetik tanpa mengetik. Biasanya cara mengetik dengan suara dapat di lakukan di HP, komputer, laptop, dan Mac. Hal penting lainnya adalah, tak satu-satunya cuman melalui cara mengetik dengan suara dengan google doc yang bisa. Dapat melalui aplikasi  melalui Chorome Remote Dekstop.

Mengetik sebuah dokumen di Ms. Word mungkin sudah menjadi rutinitas setiap orang. Salah satunya adalah mahasiswa. Dengan adanya cara mengetik dengan suara di Word pasti mahasiswa senang karena terbantu.
Cara Mengetik dengan Suara "Voice" di MS Word

Jenis tugas seperti penulisan karya ilmiah, makalah maupun dokumen-dokumen penting terkait kegiatan kuliah biasanya selalu menggunakan aplikasi yang satu ini. Dalam membuat sebuah tulisan di aplikasi Ms Word memang mudah dan praktis.

Baca juga: Cara Menghilangkan Background Gambar Foto di MS Word

Meski begitu tak jarang masih banyak orang yang merasa mengetik di Ms Word begitu menyusahkan. Apalagi bagi mereka yang tidak menguasai teknik mengetik dengan menggunakan sepeluh jari.

Selain menyita waktu mengetik hanya dengan bermodalkan jari telunjuk lebih melelahkan dan tidak efektif. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mengetik di Ms Word bisa menggunakan suara (Voice Typing).

Baca juga: Cara Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di MS Word Otomatis

Fitur yang satu ini tentunya akan menjadi solusi yang bisa diterapkan bagi mereka yang merasa malas untuk mengetik menggunakan keybord seperti biasa. Kita hanya perlu berbicara dan tulisan akan diketik  oleh sistem dengan sendirinya pada dokumen yang kita buat. Cara mengetik dengan suara di Microsoft Word cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Koneksikan Laptop/ Pc anda dengan internet

Langkah yang pertama adalah membuat laptop/Pc anda terkoneksi dengan internet. Pastikan sinyal yang dipakai juga memiliki sinyal stabil. Hal ini akan mempengaruhi aplikasinya dalam bekerja.

Koneksi yang baik akan membuat frekuensi suara terdengar jelas sehingga tulisan yang terketik tidak salah. Koneksi internet juga berfunsi untuk menyandingkan ponsel anda dengan laptop/Pc yang digunakan.

2. Membuka Situs menggunakan Google chrome dan mengisi profil

Langkah berikutnya adalah membuka Google Chrome dengan Laptop/ Pc yang digunakan kemudian ketik “remotedesktop.google.com.  Setelah mengetik link tersebut maka akan muncul layar penegendali jarak jauh dari google klik aktifkan yang berada ditengah halaman tersebut. 

Tunggu buffering selama beberapa saat, setelah selesai anda diminta memasukkan nama dan pin. Buatlah nama dan pin yang mudah untuk diingat hal ini berfungsi untuk menyandingkan laptop/Pc anda dengan HP yang akan digunakan, kemudian klik mulai.

3. Menyandingkan Hp dengan Laptop/Pc 

Selanjutnya adalah medownload aplikasi “chrome remote desktop” melalui gogle playstore bagi pengguna android atau app store bagi pengguna Ios. Setelah proses download selesai buka kemudian install apps tersebut.

Pada bagian layar muka utama setelah apps terbuka akan memunculkan Pc yang tersambung dan anda diminta memasukkan identitas seperti yang dilakukan di langkah awal. Masukkan identitas yang sama dan pastikan  anda membuka apps tersebut menggunakan email yang sama seperti di laptop /Pc.

4. Mengontrol perangkat dan mengaktifkan fitur Voice Typing

Setelah tersambung layar ponsel anda akan menampilkan tampilan yang sama seperti yang ditampilkan di laptop/Pc. Hal ini menandakan anda telah tersambung.

Kemudian cek pada ponsel anda bagian pojok kanan atas terdapat ikon keybord, klik kemudian nyalakan ikon Voice Typing yang berada di keybord tahan dan katakan hal yang ingin diketik kemudian lepas apabila sudah selesai. Supaya hasil yang maksimal pastikan untuk tidak terlalu banyak menyebutkan kata yang akan diketik.

Baca juga: Cara Menulis Nama Pada Sertifikat Kosong di Word

Fitur suara (Voice Typing) ini akan sangat berguna sekali digunakan untuk membuat file-file untuk tugas dan lain-lain. Sekarang bukan masalah lagi mengerjakan tugas dengan masalah jari yang pegel.

Bisa juga berguna bagi mereka yang kesulitan mengoperasikan keybord dengan 10 jari. Selain lebih praktis bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun hanya tinggal berbicara dan pekerjaan anda akan selesai dalam waktu yang cepat.

Nah itulah cara mengetik dengan suara di Microsoft Word 2013, 2010, atau 2007. Dengan cara mengetik otomatis di Word ini membuat orang-orang yang malas mengetik jadi senang karena mengetik tanpat mengetik. Semua dapat dilakukan bagi pengguna HP, MAC, laptop, atau komputer, dan Google docs untuk mengetik dengan suara (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetik dengan Suara di MS Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel