Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

hanalfa.com: Cara pindah fasiltas kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online. Biasanya pindah atau ganti Faskes BPJS karena pindah alamat rumah tempat tinggal atau pekerjaan.

Hal ini tentunya akan menyulitkan dan sangat menghabiskan waktu apabila kita perlu mengurusnya di kantor BPJS belum lagi apabila harus mengantri yang tentunya akan sangat melelahkan. 
Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online


Namun saat ini keperluan pengurusan BPJS termasuk berganti Faskes sudah bisa dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing, dan untuk waktu juga bisa kapan saja. Annda dapat melakukannya secara online melalui mobile JKN .

Inilah langkah-langkah cara untuk berganti Faskes BPJS secara online,  sebagai berikut. 

1. Download aplikasi mobile JKN  BPJS Kesehatan

Langkah pertama adalah mendownload aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan, aplikasi yang satu ini adalah kepanjangan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang dikembangkan oleh dinas kesehatan untuk melingkupi BPJS. Anda bisa mendownloadnya melalui appstore bagi pengguna Ios dan play store bagi pengguna android. 

2. Isi verifikasi data diri 

Langkah berikutnya adalah mengisi data diri beserta persyaratan yang dibutuhkan di form yang diisediakan.  Pertama klik daftar hingga tampilan layar berubah menjadi form pengisian. 

Kemudian anda melanjutkan mengisi data diri seperti Nomor BPJS, email yang anda gunakan kemudian data diri KTP termasuk didalamnya Nomor NIK, dan beberapa persyaratan lain yang  perlu anda lengkapi. 

3. Ubah data peserta 

Setelah anda memasukkan data diri dan mengisi kolom pendaftaran hingga akun anda terdaftar dan terverifikasi sebagai pengguna BPJS. Anda akan masuk tampilan menu BPJS anda. 

Kemudian tap pada menu di akun JKN anda hingga memunculkan beberapa opsi, gulirkan hingga anda menemukan ubah data peserta. Pilih opsi faskes hingga muncu pop up.  Di situ juga bisa melihat BPJS aktif atau tidak dan kelengkapan datamu. 

Anda akan diminta mengisi beberapa perubahan seperti, provinsi baru yang akan anda tinggali / diganti dari tempat asal, termasuk di dalamnya kabupaten serta apa pilihan Faskes yang saat ini akan anda gunakan.  Klik simpan jika anda sudah selesai. 


Kemudian anda akan menerima kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui email anda, atau anda juga bisa menerima kode verifikasi melalui no HP bergantung dari anda memilihnya pada pilihan verifikasi. Masuk ke akun email anda untuk memverifikasi, salin nomor yang diberikan kemudian massukkan kembali pada akun JKN kemudian klik verifikasi. 

Setelah anda melakukan verifikasi maka akan muncul pop up sebagai pemberitahuan proses perubahan akun anda telah selesai. Jika anda belum memiliki akun anda harus membuatnya terlebih dahulu untuk mengakses cara perubahan pada BPJS anda secara Online. 

Mamun jika sudah memiliki akun anda hanya perlu masuk kekolom login pada tampilan menu kemudian masukkan pasword anda. Merubah faskes anda secara onlin e dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun selama anda memiliki akses internet. 

Data anda sepenuhnya akan terproses dan berganti meskipun dikemudian hari anda akan merubahnya lagi secara oflane, karena akun JKN adalah akun resmi yang dikelola oleh pemerintah. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Itulah cara pindah Fasiltas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online. Bila pindah atau ganti Faskes BPJS dengan alasan karena pindah alamat rumah tempat tinggal atau pekerjaan (Penulis: Rocky Irfan)..

Belum ada Komentar untuk "Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel