Google Foto: Trik Cara Mengatasi Memori HP Cepat Penuh

hanalfa.com: Cara menggunakan aplikasi Google Foto sangat mudah. Supaya penyimpanan memori internal atau eksternal di berbagai jenis Handphone (HP) Oppo, Vivo, Xiomi, Realmi, Iphone, Samsung dan lainnya. Supaya tidak cepat penuh yang kadan-kadang buat sebal.
Google Foto: Trik Cara Mengatasi Memori HP Cepat Penuh

Google Foto merupakan salah satu cloud atau ruang penyimpanan yang disediakan oleh Google untuk memberikan ruang penyimpanan  dari galeri anda sehingga kita dapat mengakses foto tersebut dimana saja dengan dibanyak perangkat yang tersambung dengan email. Penyimpanan ini bisa untuk mensinkronisasi data berupa foto sehingga tiidak memenuhi ruang pada perangkat anda. 

Kelebihan pada google foto ini adalah  anda dapat menyimpan banyak foto bahkan bisa tak terbatas jika anda mengubah ukuran foto yang disimpan menjadi high quality. Cara untuk menggunakan aplikasi yang satu ini cukup mudah, karena aplikasi yang satu ini memang di kuhususkan untuk mempermudah penggunanya dalam membackup foto foto pada galeri. 

Inilah cara menggunakan atau pakai aplikasi  Google Foto. Supaya penyimpanan memori internal atau eksternal HP tidak cepat penuh sebagai berikut: 

1. Mendownload Aplikasi Google Foto

Langkah yang pertama adalah memastikan bahwa anda memiliki aplikasi google foto pada perangkat anda. Kalau belum, anda bisa melakukan download pada playstore bagi pengguna android dan mendownload menggunakan app store apabila anda pengguna Ios

2. Membuat akun atau masuk akun Google

Langkah berikutnya adalah menyambungkan akun google foto anda dengan email yang akan digunakan untuk memback up foto. Biasanya untuk pengguna awal cara untuk menyambungkan ke google mail ada pada saat anda membuka google foto kemudian langsung diminta untuk memasukkan email pada kolom yang disediakan. 

Namun apabila anda memiliki banyak email dan ingin menyinkronisasi foto ke banyak email anda dapat menambahkan email lainnya dengan cara klik bagian profil foto anda kemudian, klik email anda pada bagian atas kemudian pilih opsi tambah akun, kemudian masukkan akun google mail anda yang baru. 

3. Melakukan back up/sinkronisasi

Jika proses masuk akun google mail anda telah berhasil, langkah selanjutnya adalah tahap back up atau sinkronisasi foto anda. Langkah-langkahnya adalah dengan buka aplikasi google foto anda. 

Kemudian pilih opsi garis tiga dipojok kanan aplikasi kemudian pilih opsi setelan lalu pilih backup dan sinkronisasi klik untuk mengaktifkan, akan muncul pop up ijin akses foto kemudian pilih ijinkan. 

Selain melakukan proses upload foto atau back up foto anda juga dapat mengatur foto yang akan diback up, waktu backup dan juga syarat back up. Anda dapat mengaktifkan opsi back up saat ada wifi sehingga tidak perlu menggunakan kuota yang anda miliki. 

Langakah-langkah cara upload di Google Foto sebagai berikut: 

1. Upload hanya menggunakan Wifi

Opsi ini akan menjalankan proses back up secara otomatis apabila perangkat anda tersambung dengan wifi sehingga dengan sendirinya foto-foto anda akan ter back up secara otomaatis pada google foto tanpa anda perlu berikan perintah setiap kali akan memback up. Langkah ini juga berfungsi untuk menghemat kuota anda, dengan banyaknya foto yang di upload maka akan banyak pula kuota yang akan anda habiskan. 

Namun dengan menggunakan fitur ini anda dapat memback up apabila hanya tersambung dengan wifi, caranya adalah dengan menekan menu atau tanda garis tiga pada pojok aplikasi kemudian pilih opsi setelan kemudian pilih back up dan sinkronisasi kemudia cari back up menggunakan data seluler matikan kemudian nyalakan yang hanya melalui wifi saja.

2. Menyiapkan folder yang akan di backup

Anda juga dapat memisahkan foto yang akan di back up sehingga anda bisa memback up foto-foto yang memang ingin anda back up, sehingga proses back up tidak akan memakan waktu yang lebih lama dengan memback up foto yang sebenarnya tidak ingin anda back up. 

Setelah anda selesai melakukan proses back up foto, maka fille anda kini ada yang berada pada google foto dan ada yang berada pada perangkat anda. Langkah terakhir adalah anda perlu membersihkan galeri anda agar penyimpanan anda bisa mengisi lebih banyak ruang dan foto yang ingin anda lihat telah tersimpan di google foto.

Nah itulah cara menggunakan atau pakai aplikasi  Google Foto sangat mudah. Supaya penyimpanan memori internal atau eksternal di berbagai jenis HP Oppo, Vivo, Xiomi, Realmi, Iphone, Samsung dan lainnya supaya tidak cepat penuh jadi nyaman saat menggunakan HP (Penulis: Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Google Foto: Trik Cara Mengatasi Memori HP Cepat Penuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel