Iklan Header

4 Cara Membuat Kata Sandi Facebook Kuat

Kata sandi Facebook harus dibuat dengan unik agar kuat dan tidak mudah diretas. Keunikan ini juga harus mudah diingat dan memenuhi persyaratan pembuatan kata sandi oleh Facebook.

Peraturan pembuatan kata sandi biasanya dibutuhkan ketika pengguna akan membuat akun Facebook yang baru atau baru pertama kali bergabung dengan Facebook. Selain itu, pengubahan kata sandi dilakukan ketika misalnya lupa belum keluar akun ketika login di perangkat umum bukan milik sendiri.
4 Cara Membuat Kata Sandi Facebook Kuat

Baca juga: Cara Ubah Tampilan Dark Mode Facebook di HP

Pengubahan kata sandi pada contoh kedua dilakukan agar akun keluar secara otomatis di perangkat lain. Hal ini untuk mencegah akun disalahgunakan. Biasanya pengguna kelupaan saat masuk akun melalui komputer di warnet atau di HP/laptop milik teman.

Maka, pengubahan kata sandi yang kuat akan membantu akun Facebook menjadi lebih aman. Tentunya juga tidak mudah diretas. Terlebih bila akun digunakan untuk kepentingan umum, bisnis, dan hal lain yang sifatnya penting.

Baca juga: Cara dan Fungsi Tambah Kontak Pewaris Facebook

Berikut adalah 4 cara membuat kata sandi Facebook kuat. Tips berikut bisa dicoba para pengguna agar akun Facebook dapat lebih aman.

1. Berbeda dari kata sandi akun lain 

Cara pertama yaitu jangan samakan kata sandi Facebook dengan akun email atau media sosial lain, misalnya Instagram dan Twitter. Membedakan kata sandi di berbagai akun yang dipunyai ini akan lebih mengamankan akun. Sebab, bila salah satu akun berhasil diretas, maka tidak dengan yang lainnya.

Baca juga; Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Misalnya kata sandi emailmu menggunakan kombinasi alamat rumah dan nama ayah, maka jangan menggunakannya lagi untuk akun lain. Diganti dengan kombinasi huruf atau kata baru. Misalnya nama kakak dan adik ditambah angka.

2. Berasal dari kata atau kalimat yang mudah diingat

Seperti halnya kunci rumah yang harus dibawa dan jangan sampai kelupaan, kata sandi Facebook juga dibuat dengan kata yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain.

Bila pengguna merupakan seseorang yang pelupa, maka kata atau kalimat yang panjang tersebut dapat dicatat secara manual dalam buku. Jangan mencatat di media internet atau media sosial lain. Sebab, akan berisiko bocor jika akun tersebut diretas.


3. Terdiri dari banyak karakter

Berikutnya terdiri dari banyak karakter. Misalnya buat kata sandi terdiri dari karakter huruf, angka, hingga tanda baca.

Cara ini akan menambah kekuatan kata sandi pada akun Facebook. Lalu, gunakan huruf kapital dan huruf kecil. Semakin rumit kata sandi, maka semakin aman pula.

Tetapi jangan sampai kelupaan kombinasi karakter yang sudah dibuat. Hapalkan atau catat pada buku rahasia, misalnya selipan kertas pada dompet.

4. Jangan cantumkan informasi akun dalam kata sandi

Mencantumkan bagian dari profil Facebook dalam sebuah kata sandi sama saja dengan memberi petunjuk. Oleh karena itu, hindari kata sandi yang mengandung informasi akun. Diantaranya nama lengkap, tanggal lahir, nomor ponsel, nama pengguna, dan sebagainya.

Bila bingung harus membuat kata sandi apa, maka dapat mencoba hal hal yang selalu ada dalam ingatan. Misalnya kenangan sewaktu kecil atau kenangan bersama keluarga. Contoh kata sandi P3RN4HjatuhdaripohonN4N9K4h@h@. Terlihat rumit  namun dapat menjadi alternatif.

Itulah 4 cara membuat kata sandi Facebook kuat. Supaya akun lebih aman dan menghindari kelupaan kata sandi. Sebab, banyak pengguna yang kelupaan kata sandi dan akhirnya membuat akun baru. Tentunya akan merugikan pengguna apalagi sudah banyak postingan dan teman di Facebook. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Membuat Kata Sandi Facebook Kuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel