Cara Scan Dokumen Pakai Android Lewat 3 Aplikasi Ini

hanalfa.com: Apliakasi scanner android kini sangat dibutuhkan terutama keperluan tugas kuliah online. Sebab, semua tugas mahasiswa biasanya akan dikumpulkan dalam bentuk scan. Nah artikel ini tepat membahas untuk cara scan dokumen lewat android, atau cara scan di hp, cara scan lewat untuk hp xiomi, samsung, oppo, dan lainnya. Terakhir akan ada informasi untuk cara menggunakan aplikasi scan di HP android. 

Tujuannya adalah agar tulisan tangan pada kertas tugas terlihat lebih jelas dan tidak buram. Biasanya jurusan IPA dengan laporan praktikum dan tulisan tangan yang sering membutuhkan aplikasi penyecan ini.
Cara Scan Dokumen Pakai Android Lewat 3 Aplikasi Ini

Baca juga:  3 Cara Membuat Dokumen PDF di Laptop

Seiring dengan berkembangnya teknologi android, maka aplikasi scan juga terus berkembang. Bahkan, kini orang-orang lebih sering menyecan dengan aplikasi pada ponselnya daripada ke warnet menggunakan alat khusus scan atau printer yang bisa menyecan.

Tentunya ada kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi ini. Hal ini bergantung pula dengan spesifikasi kamera pada android. Sebab, aplikasi scanner utamanya memanfaatkan kamera yang ada.

Baca juga: 3 Aplikasi Cara Perekam Layar Laptop dan Komputer

Berikut adalah 3 aplikasi scanner pada android untuk scan tugas kuliah online atua keperluan lainnya.

1. CamScanner

Inilah aplikasi yang cukup populer dan banyak penggunanya. Cam scanner pada android dapat dipasang dan langsung digunakan. Cara mengoperasikannya pun mudah.

Pertama, pengguna membuka aplikasi CamScanner, lalu pilih apakah ingin menyecan dari hasil foto langsung atau dari file foto yang sudah jadi. Berikutnya, menyesuaikan ukuran gambar dan mengatur efek, kontras dan kecerahan gambar.

Baca juga: Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive

Terakhir, simpan menjadi file dokumen atau gambar.  Bisa juga berbentuk PDF hasil scanannya. File ini juga dapat digabung, misalnya tugas sebanyak dua lembar, maka dapat langsung satu file memuat dua lembar hasil scan.

2. TapScanner

Aplikasi kedua ini juga tidak kalah populer dan banyak penggunanya. TapScanner juga dapat langsung digunakan setelah berhasil dipasang pada ponsel. Langkahnya kurang lebih sama dengan aplikasi scanner sebelumnya.

Pengguna tinggal membuka aplikasi Tapscanner, lalu mengambil foto langsung  atau berupa file foto yang sudah ada. Berikutnya, menyesuaikan ukuran gambar dan terakhir simpan sebagai dokumen atau gambar.


3. Office Lens

Terakhir, ada aplikasi Office Lens. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan pengguna android untuk menyecan berkas tugas kuliah online. Selain tersedia untuk android, aplikasi ini juga tersedia untuk iOS.

Office Lens adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Beberapa mode yang tersedia dalam aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya.

Diantaranya ada mode khusus masing-masing berkas dokumen. Misalnya untuk scan tulisan tangan dan sketsa, pengguna dapat menggunakan mode Whiteboard. Kelebihan mode ini adalah gambar disesuaikan latar belakangnya sehingga tidak terlalu cerah dan goresan tinta tulisan tangan.

Berikutnya ada mode Dokumen untuk scan dokumen yang tulisannya berukuran kecil. Misalnya formulir, tanda terima, poster, selebaran, atau menu restoran. Mode lainnya yaitu mode Kartu Bisnis dan Pemotretan.

Langkah selanjutnya setalah memilih mode yaitu mengambil gambar atau menggunakan gambar yang sudah ada. Kemudian, edit gambar tersebut sesuaikan ukurannya. Jika sudah, klik symbol Selesai dan simpan gambar.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang perkuliahannya. Jadi, dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang sedang mencari aplikasi terbaik untuk scan tugas kuliah online.

Sekian ulasan tentang 3 aplikasi Scanner android untuk scan tugas kuliah online. Semoga terbantu bahasan untuk cara scan dokumen lewat android, atau cara scan di hp, cara scan lewat untuk hp xiomi, samsung, oppo, dan lainnya. Terakhir untuk cara menggunakan aplikasi scan di HP android. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk "Cara Scan Dokumen Pakai Android Lewat 3 Aplikasi Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel