Iklan Header

Cara Menggunakan Google Keep di Android, PC, dan Laptop

hanalfa.com: Google Keep adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai pencatatan pada Android dan PC/laptop.  Aplikasi ini dikembangkan oleh Google sejak tahun 2013 dan bukan hanya tersedia versi web saja. Namun juga dapat dinikmati pengguna android dan iOS. Supaya tidak bingung akan membahas cara menggunakan Google Keep, atau cara pakai aplikasi Google Keep, dan cara memakai Google Keep.

Aplikasi ini digunakan untuk berbagai aktivitas pencatatan. Diantaranya mencatat momen atau rencana penting dalam bentuk daftar (list). Tersedia juga checkbox yang dapat difungsikan dalam daftar catatan ini.
Cara Menggunakan Google Keep di Android dan PC/Laptop

Baca juga: Cara Scan Dokumen Pakai Android Lewat 3 Aplikasi Ini

Berikutnya, daftar catatan yang sudah dibuat tersebut juga dapat dibagikan ke teman sesama pengguna akun Google. Misalnya berbagi melalui Google Plus, Gmail, dan aplikasi lainnya.

Selain kedua fitur tersebut, Google Keep juga menyediakan fitur membuat pengingat, mentransfer file catatan ke Google docs, hingga mengambil teks yang ada dalam gambar. Pengambilan teks ini disebut dengan Grab Image Text.

Baca juga: 2 Cara Isi Saldo LinkAja dengan Mudah

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Keep pada android dan PC/Laptop? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Download dan Instal aplikasi Google Keep pada ponsel dan kunjungi webnya do PC/laptop

Pertama, buka aplikasi Google Play Store untuk mencari aplikasi Google Keep. Bila sudah ketemu, instal aplikasi tersebut.

Sementara itu, pada Pc/laptop pengguna membuka browser dan mengunjungi laman keep.google.com. Laman ini adalah laman resmi Google Keep versi desktop.

Baca juga: Cara Simpan Gambar dari Video

2. Mulai menggunakan fitur yang ada

Bila aplikasi sudah berhasil dipasang, tentu langkah selanjutnya menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya kebutuhan seperti fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas.

Pengguna dapat membuat atau mengedit sebuah catatan dan daftar. Lalu, menyimpan sebuah gambar menjadi catatan, mengarsipkan catatan dan menambahkan pengingat. Berikutnya, pengguna juga dapat memberi label  dan warna dalam catatan yang sudah dibuat.

Baca juga: Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive

Tips yang dapat dicoba oleh pengguna yaitu menambahkan audio dalam sebuah catatan. Audio ini akan membuat catatan lebih hidup dan tentunya menarik. Misalnya ditambahkan dalam daftar catatan belanja yang sudah dibuat.

3. Membagikan catatan yang sudah dibuat

Fitur ini dapat bermanfaat bila catatan bersifat publik. Misalnya sebuah notulensi rapat atau informasi penting. Sehingga perlu dibagikan ke pengguna lain.

Cara membagikan catatan ini adalah dengan menekan icon titik tiga pada aplikasi Google Keep. Lalu, klik Kolaborator, masukkan nama, alamat email atau Google grup. Terakhir, klik Simpan.

Mereka yang dibagikan catatan ini dapat memodifikasi catatan yang telah dibuat. Misalnya ingin memberi label, mengganti warna dan menambahkan pengingat ke dalam catatan. Adanya fitur berbagi catatan ini juga memungkinkan pengguna tidak perlu menyalin teks catatan dan membuat dokumen baru.

Banyak fitur yang memang disediakan dan dirancang untuk kebutuhan ini. Mari mulai sekarang gunakan Google Keep untuk membantu mengorganisir kegiatan sehari-hari. 

Itulah ulasan tentang cara menggunakan Google Keep pada android dan PC/Laptop. Google Keep sangat bermanfaat digunakan untuk pencatatan.  Sudah dijelaskan untuk cara menggunakan Google Keep, atau cara pakai aplikasi Google Keep, dan cara memakai Google Keep. (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Keep di Android, PC, dan Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel