Cara Membuat Kop Surat MS Word Praktis dan Cepat

hanalfa.com: Dalam cara membuat kop surat di word 2010, 2013, 2016, 2017 itu sama-sama mudah. Penting juga tau cara membuat kop surat dengan header dan footernya di MS. word supaya lebih rapih. Sebenarnya, lebih praktis ada juga download kop surat di microsoft word yang bertebaran di Google. 

Membuat kop surat di word 2010, 2013, 2016, 2007 untuk sebagian orang dinilai ribet, dan belum tentu semua orang bisa membuat kop surat jika diminta. Padahal fungsi kop surat sendiri sangat penting di dalam suatu dokumen. 
Cara Membuat Kop Surat MS Word Praktis dan Cepat

Kop surat melambangkan identitas dari dokumen yang telah di buat. Biasanya kita sering menjumpai kop surat pada surat-surat resmi untuk instansi ke dinasan maupun ke pentingan yang bersifat resmi lainnya.

Namun tak jarang kop surat juga dipakai untuk tempat-tempat usaha baik menengah ke atas seperti perusahaan besar maupun usaha menengah ke bawah seperti warung, bengkel dan lainnya. Kebutuhan pembuatan kop surat bisa dikatakan sangat penting bagi identitas setiap usaha yang  dijalankan. 

Langkah-langkah cara membuat kop surat di word 2010, 2013, 2016, 2017. Serta cara membuat kop surat dengan header dan footernya di microsoft word supaya lebih rapih

1. Buka MS Word 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi MS Word pada pc anda. Kemudian pencet new document untuk menambahkan dokumen baru yang akan dibuat kop suratnya.

2. Merapikan Tata Letak dan Mengatur Header

Langkah berikutnya pada lembar dokumen pilih View pada tab ribbon kemudian lanjutkan dengan print layout hal ini untuk meihat dengan jelas tampilan tab dan juga dokumen nantinya. Jika kop surat yang akan dibuat nantinya adalah sebuah kop surat baru bukan hasil kopi maka kita perlu membuat tampilan header kosong pada dokumen. 

Caranya adalah dengan pencet bagian insert yang berada setelah tombol home yang berada dipojok kiri atas dari layar kemudian pilih header, lalu dari beberapa opsi yang ditampilkan pilih header kosong yang berada pada pilihan pertama atau yang bertuliskan blank. 


Selanjutnya adalah dengan memasukkan tulisan dan juga logo yang telah disiapkan untuk kop surat. Pada bagian ini agar kita mengetahui sebesar apa logo yang akan dibuat juga seberapa banyak/panjang tulisan yang akan dimasukkan kalian bisa membagi terlebih dahulu ruang yang akan dimasukkan dengan kolom/ table. 

Pada bagian insert , pencet table kemudian buat dua table memanjang. Bedakan ukurannya satu yang lebih kecil untuk logo dan satu yang lebih panjang untuk tulisannya. 

3. Memasukkan Logo dan Tulisan

Langkah berikutnya adalah memasukkan logo pada bagian kiri table yang tadi telah dibuat, pencet insert kemudian picture dan pada computer cari file logo yang akan dimasukkan. Terakhir masukkan tulisan di tabel kedua yang tadi telah dibuat, tulisan bisa berisi identitas perusahaan seperti nama perusahaan, jalan atau alamat.

4. Menghapus Bagian yang Tidak Penting dan Menambahkan Line

Sekarang karena tabel sudah tidak dibutuhkan, silahkan hapus tabel yang tadi telah dibuat. Caranya mudah hanya tinggal pencet garis tabel, pada opsi ribbon arahkan kursor ke tombol home kemudian lanjutkan ke border dan pencet no border. 

Selanjutnya biasanya dibawah dari kop surat ada garis, cara membuatnya adalah pencet home, lanjutkan menuju border dan shading kembali, lalu pilih setting dan atur garismu dengan pencet style dan tandai opsi bottom border agar garis hanya berada di bagian bawah. 


Sekarang kamu sudah mampu untuk membuat kop surat sendiri, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu untuk kop surat yang akan dibuat. Tapi yang pasti di dalam kop surat harus berisi logo, dan juga identitas perusahaan termasuk jalan dan juga alamat.

Itulah penjelasan cara membuat kop surat di word 2010, 2013, 2016, 2017 itu sama-sama mudah kan? Sudah paham juga cara membuat kop surat dengan header dan footernya supaya lebih rapih. Akan tetapi jika malas download kop surat word yang bertebaran di Google (Penulis: Rocky Irfan). 

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kop Surat MS Word Praktis dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel